Sukses

10 Wanita Terkaya Dunia Mendapatkan Harta dari Warisan

Kesempatan seorang wanita untuk menjadi kaya lebih kecil dibandingkan pria.

Liputan6.com, New York - Di negara-negara Barat, ada banyak kontroversi mengenai perbedaan upah pekerja antara kaum pria dan kaum wanita. Fenomena ini diperkuat dengan fakta, bahwa para wanita terkaya di dunia, yang kekayaannya lebih dari US$ 235 juta, mewarisi kekayaan mereka dari para suami, ayah dan kakek mereka, seperti yang dilaporkan dari data dari CBS Money Watch.

Faktanya, empat dari 10 wanita terkaya mendapatkan kekayaan mereka dari dua pria: Sam Walton, hartawan Walmart dan Herbert Quandt, penemu mobil mewah BMW yang mengalami masa kejayaan di Perang Dunia Kedua. Dilansir dari laman Washingtonpost.com, Senin (2/3/2015), inilah 10 wanita pewaris terkaya di dunia.

1. Christy Walton

Nilai kekayaan: US$ 41,3 miliar

Christy Walton merupakan istri dari John Walton, penemu Wal-Mart. Saat John meninggal dalam kecelakaan pesawat pribadi, Christy dinobatkan jadi penerus. Menurut Forbes, Christy merupakan wanita terkaya di dunia, bukan hanya di AS.

 

2. Alice Walton

Nilai kekayaan: US$ 38,5 miliar

Masih berasal dari silsilah keluarga Walton, ada Alice yang merupakan kakak ipar Christy Walton. Namun, Alice lebih tertarik dengan seni ketimbang bisnis. Di tahun 2011, ia membangun Crystal Bridges Art Museum di Bentonville, Ark.

 

3. Liliane Bettencourt

Nilai kekayaan: US$ 34,9 miliar

Lilan pernah menduduki posisi wanita terkaya di dunia, berkat L'Oreal yang merupakan merek dagang kosmetik milik ayahnya. Liliane mulai bekerja di L'Oreal saat masih berusia 15 tahun.

Walau masih merupakan pemilik kekayaan resmi, L'Oreal lebih banyak ditangani Francoise Betterncourt Meyers yang merupakan putri dari Liliane, dan dua cucu laki-lakinya.

 

4. Jacqueline Mars

kekayaan: 26,8 milyar

Frank Mars, kakek dari Jacqueline merupakan penemu Mars. Inc yang memproduksi berbagai produk permen dan cemilan. Seperti M&M, Milky Way dan Snickers. Berkat Frank memulai bisnis pada tahun 1911, Jacqueline bisa menikmati manisnya kekayaan.

 

5. Laurene Jobs

kekayaan: 19,3 milyar dolar

Laurene mewarisi kekayaan saat suaminya, penemu Apple Steve Jobs meninggal karena kanker pankreas. Dengan memiliki saham di Apple sekaligus Walt Disney, Lauren merupakan pemegang saham disney terbanyak.

 

6. Elaine Marshall

kekayaan: 17,3 milyar dolar

Suami Elaine, E. Pierce Marshall merupakan pewaris Koch Industries, yang merupakan manufakturer produk-produk aspal,plastik dan kertas.

 

7. Susanne Klatten

kekayaan: 16,9 milyar dolar.

Susanne merupakan pemegang kunci kekayaan automaker BMW. Membuatnya jadi wanita terkaya di Jerman. Ayahnya, Herbert Quandt, yang membangun kembali perusahaan ini meninggal di tahun 1982, Susanne mewarisi sham BMW. Selain itu ia juga diwarisi perusahaan bahan kimia Altana.

 

8. Johanna Quandt

kekayaan: 14,1 milyar dolar

Berawal dari menjadi sekretaris Herbert Quandt, Johanna menjadi istri ketiga Herbert dan mewarisi saham di pabrik BMW di Jerman.

 

9. Iris Fontbona

kekayaan: 13,8 milyar dolar

Iris merupakan janda dari milyarder asal Chile Andronico Luksic. Andronico mengontrol perusahaan tembaga terbesar nomor tujuh di dunia, Antofagasta and Quinenco. Luksic meninggal di tahun 2013 akibat kanker dan meninggalkan bisnisnya kepada istri dan tiga anaknya. Ironisnya, tak lama setelah Luksic meninggal, salah satu putranya meninggal akibat kanker paru-paru di tahun 2103.

 

10. Gina Rinehart

Nilai kekayaan: US$ 13,4 miliar

Gina mewarisi kekayaannya dari perusahaan keluarga, Hancock Prospeting. Perusahaan ini bekerja dalam mengeksplor dan mengekstral bahan-bahan mineral. (Indy/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini