Sukses

Deflasi Februari Masih Beri Angin Segar ke IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak di kisaran 5.450-5.500 pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Meski demikian, pelaku pasar diimbau untuk mewaspadai aksi ambil untung.

Kepala Riset PT Sucorinvest Gani, Maxi Liesyaputra menuturkan, IHSG akan bergerak fluktuaktif dengan kecenderungan menguat. Namun, ia mengingatkan ada kemungkinan aksi ambil untung di bursa saham. Apalagi sekarang minim sentimen di pasar modal. Sentimen data ekonomi dalam negeri masih akan mempengaruhi bursa saham.

"IHSG masih ada lanjutkan penguatan. Sentimen data makro ekonomi seperti terjadinya deflasi pada Februari sekitar 0,36 persen masih mempengaruhi IHSG. Jadi ada harapan terhadap penurunan suku bunga," ujar Maxi, saat dihubungi Liputa6.com yang ditulis, Selasa (3/3/2015).

Maxi memperkirakan, IHSG akan bergerak di kisaran 5.450-5.500 pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Dalam riset PT Sinarmas Sekuritas, IHSG diprediksi menguat di kisaran level 5.442-5.486. Ada sejumlah faktor global dan internal yang pengaruhi IHSG. Dari faktor global, Eropa akan merilis data inflasi yang diperkirakan ke level -0,4 persen Year on Year (YoY) dari sebelumnya -0,6 persen YoY dan data uemployment rate Eropa yang diperkirakan stagnan ke level 11,4 persen.

Selain itu, dari Amerika Serikat akan merilis data markit manufacturing PMI yang diperkirakan bertambah 0,4 ke level 53,9.

"Dari faktor internal adanya kelanjutan sentimen dari hasil data ekonomi Februari yang mengalami deflasi 0,36 persen dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat," tulis riset PT Sinarmas Sekuritas.

Untuk rekomendasi saham, Maxi memilih saham-saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) untuk dicermati pelaku pasar.

Sedangkan riset PT Sinarmas Sekuritas ada saham-saham yang dapat dicermati seperti saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk (AISA).

Pada perdagangan saham Senin pekan ini, IHSG ditutup naik 27 poin ke level 5.477 setelah bergerak di antara 5.451-5.477. Ada sebanyak 137 saham naik, 148 saham turun, dan 88 saham diam di tempat.

Total transaksi sekitar Rp 7,14 triliun terdiri dari transaksi reguler Rp 5,8 triliun dan negosiasi sekitar Rp 1,34 triliun. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini