Sukses

Raskin Ganti E-Money, Jumlah Pengangguran Bisa Bertambah

Dari data Core Indonesia, jumlah pengangguran terbuka di Tanah Air mencapai 7,30 juta orang pada Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pengamat menilai program penggantian beras miskin (raskin) dengan uang elektronik (e-money) akan menambah jumlah pengangguran di Tanah Air. Tak Tanggung-tanggung, potensinya bisa mencapai. 750 ribu orang akibat kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria dalam Diskusi Core Tantangan Penciptaan Lapangan Kerja di Era Kabinet Kerja di Warung Bejo, Jakarta, Selasa (3/3/2015).

"Raskin mau diganti e-money, ada 700 ribu sampai 750 ribu orang akan kehilangan pekerjaan karena terhentinya mata rantai penyaluran raskin," ujar dia.

Perhitungannya, kata Arif, merujuk pada data basis Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang ditargetkan 15,5 juta orang. Sementara titik penyaluran distribusi raskin mencapai 58 ribu titik di seluruh Indonesia.

"Total pekerja di 58 ribu titik ini sekira lebih dari 300 ribu orang, sedangkan Bulog mempekerjakan sekira 400 ribu lebih orang di 1.570 gudang Bulog yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi bisa 700 ribu-750 ribu orang bakal kehilangan pekerjaan," tegas Arif.

Angka tersebut, menurutnya, belum menghitung jumlah pekerja di bagian pengangkutan, tenaga administrasi dan sebagainya, sehingga jika di total potensinya mencapai 1 juta tenaga kerja akan menjadi pengangguran akibat kebijakan penggantian raskin ke e-money.

"Jumlah 700 ribu lebih sama dengan hampir 10 persen dari angka pengangguran yang ada saat ini. ‎Jadi sebenarnya jangan sampai gara-gara penataan distribusi beras raskin, berdampak luar biasa kepada penciptaan pengangguran, karena angkanya bisa mencapai 1 juta orang. Ini bahaya sekali," tegas Satria.

Dari data Core Indonesia, jumlah pengangguran terbuka di Tanah Air mencapai 7,30 juta orang pada Agustus 2014 atau 5,94 persen. Jumlah pengangguran terbuka di Indonesia berada di tingkat tertinggi pada 2005 yang menembus 11,90 juta jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini