Sukses

9 Fakta Menarik soal Miliarder Terkaya Dunia

Banyak fakta menarik tentang orang kaya di dunia. Mulai dari miliarder yang kaya karena warisan hingga harta seluruh orang kaya di dunia

Liputan6.com, New York - Untuk ke-29 kalinya, Forbes kembali merilis daftar nama miliarder paling kaya sejagat. Ternyata di dalam daftar tersebut, terselip banyak fakta menarik mulai dari miliarder dengan penurunan harta terbesar hingga negara yang baru pertama kali berhasil melahirkan seorang miliarder.

Seperti dikutip dari laman Forbes, Selasa (3/3/2015), miliarder dalam kategori ini merupakan individu yang memiliki total kekayaan di atas US$ 1 miliar atau Rp 12,9 triliun (kurs: Rp 12.948/US$). Untuk menghitung total kekayaan para miliarder, tim Forbes memasukkan jumlah saham di perusahaan negara dan swasta, real estate, kapal pesiar, karya seni, dan estimasi utang.

Dalam daftar miliarder terkaya dunia, Forbes tidak memasukkan anggota keluarga kerajaan, diktator, serta keluarga kaya yang membagi kerajaan atau seseorang yang memiliki kekuasaan penuh di satu negara.

Hasilnya, berikut fakta-fakta unik nan menarik yang berhasil ditemukan di kalangan miliarder terkaya dunia tahun ini:

 

1. Harta seluruh orang terkaya di dunia

Dalam laporan Forbes yang ke-29, seluruh orang terkaya di dunia kali ini mampu mengumpulkan harta senilai US$ 7,05 triliun. Angka tersebut tercatat naik dari US$ 6,4 triliun tahun lalu.

2. Jumlah miliarder terkaya di dunia

Kali ini, jumlah miliarder terkaya versi Forbes mencapai 1.826 orang. Terdapat tambahan 290 nama baru ke dalam jajaran orang terkaya di dunia tahun ini.

China tercatat menyumbang paling banyak miliarder baru sebanyak 71 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Bill Gates, 16 kali jadi orang terkaya dunia

Tahun ini, Bill Gates kembali menjadi miliarder paling tajir sejagat. Kekayaannya bertambah US$ 3,2 miliar menjadi US$ 79,2 miliar dalam setahun.

Dalam 21 tahun terakhir, Bill Gates tercatat telah 16 kali menjadi orang terkaya di dunia.

 

4. Warren Buffett tambah harta US$ 14,5 miliar

Warren Buffett merupakan miliarder dengan penambahan harta terbanyak tahun ini. Berkat harga saham Berkshire Hathaway yang terus naik, hartanya bertambah US$ 14,5 miliar menjadi US$ 72,7 miliar.

Bos Facebook Mark Zuckerberg juga berhasil menambah hartanya cukup banyak hingga naik lima peringkat ke posisi 16 jajaran orang terkaya dunia.

 

5. Miliarder Afrika rugi besar

Miliarder dengan penurunan harta tertinggi tahun ini adalah Aliko Dangote dari Niveria. Kekayaannya turun menjadi US$ 14,7 miliar dari US$ 25 miliar tahun lalu. Itu lantaran mata uang Nigeria yang melemah dan menurunnya permintaan semen.

Meski begitu, dia masih menjadi miliarder terkaya di Afrika.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Rusia kehilangan banyak miliarder

Rusia merupakan negara yang kehilangan paling banyak miliarder tahun ini. Dari 111 miliarder tahun lalu, kini Rusia hanya memiliki 88 miliarder.

Jumlahnya berada di bawah Amerika Serikat dan China serta Jerman dan India.

 

7. 138 orang keluar dari jajaran miliarder dunia

138 orang tercatat harus keluar dari kalangan elit ini termasuk desainer fashion Michael Kors, Presiden Ukraina Petro Poroshenko, Mark Vadon and banyak warga Rusia.

 

8. Guatemala akhirnya melahirkan miliarder

Guatemala untuk pertama kalinya menghasilkan seorang miliarder. Islandia juga akhirnya kembali melahirkan seorang miliarder setelah lima tahun terakhir absen menyumbangkan miliarder ke jajaran elit yang dirilis Forbes.

9. Warisan dan bisnis pribadi

Jiwa pengusaha tampak masih membara di antara para miliarder terkaya dunia. Sebanyak 1.191 miliarder dunia merupakan pengusaha. Sementara 230 di antaranya hanya mendapatkan harta awrisan.

405 miliarder lain mendapatkan warisan tapi masih berbisnis sendiri demi meningkatkan hartanya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini