Sukses

Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo Diprediksi Turun di Kuartal I-2015

Pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan ini didorong oleh sejumlah sektor yakni sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Liputan6.com, Gorontalo - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo pada kuartal-I 2015 memprediksi terjadi penurunan sebesar 8,20 persen (yoy) jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Ekonomi Gorontalo pada kuartal I ini diperkirakan berada pada kisaran 6,84 persen - 7,34 persen (yoy).

Pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan ini didorong oleh sejumlah sektor yakni sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Sementara dari sisi permintaan Bank Indonesia merilis didukung kinerja komponen konsumsi yang diperkirakan masih memegang peran utama dalam perkembangan perekonomian daerah yang dikenal sebagai penghasil jagung tersebut.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Akhmad Kosasih, selain 2 faktor di atas, belum optimalnya realisasi APBD dan APBN pada kuartal I ini juga akan menahan laju pertumbuhan sektor konstruksi dan sektor pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial.

"Pada assesment perekonomian Provinsi Gorontalo periode Februari 2015, realisasi APBN dan APBD yang belum optimal, maka bisa menahan laju pertumbuhan beberapa sektor seperti konstruksi, pemerintah, pertahanan dan jaminan sosial" ujar Akhmad Kosasih kepada Liputan6.com, seperti dikutip Rabu (4/3/2015).

Lebih lanjut Akhmad Kosasih juga menjelaskan, pada bulan Februari 2015 para pedagang bahan bangunan mengaku adanya penurunan penjualan.

"Dari sektor perdagangan besar dan kecil, reparasi mobil dan sepeda motor stabil cenderung melambat yang terkonfirmasi dari perlambatan kredit perbankan" pungkas Akhmad. (Aldi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.