Sukses

4 Cara Bangun Personal Brand Agar Karir Kian Cemerlang

Penting bagi Anda untuk memiliki personal brand (kekhasan pribadi) yang sangat kuat agar karir makin cemerlang. Ini dia 4 caranya

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi diri sendiri dengan keunikan dan keunggulan pribadi ternyata dapat menjadi kunci sukses saat berkarir. Karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki personal brand (kekhasan pribadi) yang sangat kuat.

Melalui proses personal branding, Anda juga mengembangkan pemahaman diri tentang keunikan, kekuatan karir dan berbagai hal yang membuat Anda berharga di tempat kerja.

"Personal branding memacu Anda untuk memperjelas tentang apa yang ingin Anda capai dan membantu menetapkan tujuan untuk mencapainya," ujar CEO Karir.com Dino Martin seperti dilansir, Rabu (4/3/2015).

Jika Anda ingin sukses, menciptakan merek pribadi bukan hanya sebuah pilihan, melainkan suatu kebutuhan. Apakah Anda bercita-cita untuk mendapatkan promosi atau pekerjaan impian, menciptakan brand yang menarik dan konsisten akan membantu mencapai tujuan pribadi dalam berkarir.

Berikut empat cara membangun personal brand agar karir semakin cemerlang:

1. Tunjukan nilai lebih yang Anda miliki

Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang membuat Anda berbeda dari rekan-rekan di kantor, seperti kekuatan, ketertarikan dan tujuan karir pribadi. Jika Anda meninggalkan pekerjaan saat ini, apa yang membuat perusahaan dan rekan Anda merasa kehilangan?

"Kenali potensi diri Anda, sebaik mungkin," pungkas Dino

2. Cari tahu penilaian orang lain terhadap Anda

Tanyakan pada rekan terdekat, rekan kerja, tentang sifat yang menggambarkan Anda.

"Apa keahlian Anda? Apa kekuatan Anda? Di bidang mana mereka melihat Anda sebagai sosok tak tergantikan?" terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Identifikasi target Anda

Sama halnya seperti produsen BMW yang mengenal targetnya sebagai pengemudi kelas tinggi yang mengedepankan prestise, Anda juga harus melakukan hal serupa. Menentukan target yang sesuai dengan kemampuan karir pribadi.

Hal ini tidak hanya akan membantu Anda mengasah kemampuan pribadi, tapi menunjukkannya ke tempat yang tepat.

4. Perhatikan detail

Segala sesuatu yang Anda lakukan pada akhirnya memberikan kontribusi pada personal brand.

Setelah brand Anda telah dikenal, pastikan bahwa hal-hal kecil seperti cara berpakaian, bahasa tubuh, bagaimana Anda bersikap pada rekan kerja, hingga cara menulis email. Tunjukkan kemampuan yang konsisten guna membentuk personal brand yang kuat. (Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini