Sukses

Cuma Setahun, Miliarder Ini Sukses Cetak Uang Ratusan Triliun

Hanya dalam satu tahun, miliarder berusia 84 tahun, Warren Buffett, mampu menambah hartanya hingga Rp 188,2 triliun

Liputan6.com, Los Angeles - Kalangan investor handal di berbagai negara pasti tak asing lagi dengan nama Warren Buffett, legenda investasi ternama di seantero dunia. Hanya dalam satu tahun, miliarder berusia 84 tahun ini tercatat mampu menambah hartanya hingga US$ 14,5 miliar atau Rp 188,2 triliun (kurs: Rp 12.980/US$)

Menurut hasil penelusuran tim Forbes seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (4/3/2015), Warren Buffett merupakan miliarder dengan penambahan harta terbesar tahun ini. Berkat harga saham Berkshire Hathaway yang terus naik, hartanya bertambah US$ 14,5 miliar menjadi US$ 72,7 miliar.

Berkat penambahan harta tersebut, Buffett berhasil menempati posisi ketiga sebagai orang terkaya di dunia. Karenanya, Amancio Ortega harus puas berada di posisi ke-empat.

Tak hanya Buffett, Bos Facebook Mark Zuckerberg juga berhasil menambah hartanya hingga naik lima peringkat ke posisi 16 jajaran orang terkaya dunia.

Sementara itu, Aliko Dangote dari Nigeria, harus kehilangan harta hingga US$ 14,7 miliar dari US$ 25 miliar tahun lalu. Itu lantaran mata uang Nigeria yang melemah dan menurunnya permintaan semen yang menjadi bisnis utama Dangote.

Meski begitu, Dangote masih tercatat menjadi miliarder terkaya di Afrika.

Sekadar informasi, untuk menghitung total kekayaan para miliarder, tim Forbes memasukkan jumlah saham di perusahaan negara dan swasta, real estate, kapal pesiar, karya seni, dan estimasi utang.

Dalam daftar miliarder terkaya dunia, Forbes tidak memasukkan anggota keluarga kerajaan, diktator, serta keluarga kaya yang membagi kerajaan atau seseorang yang memiliki kekuasaan penuh di satu negara. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini