Sukses

Idealnya, Begini Cara Habiskan Gaji Tiap Bulan

Perencana Keuangan One Shildt M. Andoko menjelaskan porsi pengeluaran yang ideal agar gaji Anda tetap cukup untuk belanja setiap bulan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap akhir bulan, banyak masyarakat Indonesia yang mulai ketar-ketir menunggu gaji karena ternyata uangnya nyaris tak tersisa untuk membiayai kebutuhan harian. Perencana Keuangan One Shildt M. Andoko lantas menjelaskan porsi pengeluaran yang ideal agar gaji Anda tetap cukup untuk belanja setiap bulan.

"Pertama, menabung. Sekarang ada auto debit, jadi bisa datang ke bank. Misalnya gaji Rp 5 juta, 5-10 persen dimasukkan ke auto debit," terang Andoko saat berkunjung ke kantor Liputan6.com seperti ditulis Kamis (5/3/2015).

Sayangnya, menurut dia, banyak orang Indonesia yang justru menabung jika ada sisa gaji. Padahal, sistem auto debit seperti ini yang dapat membuat masyarakat disiplin menabung setiap bulan.

Setelah menyisihkan 10 persen dari gaji untuk menabung, jangan lupa untuk berinvestasi.

"Sisihkan juga untuk cicilan investasi sebesar 30-35 persen dari gaji. Jatah tersebut digunakan untuk membayar kredit rumah, tagihan kartu kredit atau cicilan lain," terangnya.

Bagi Andoko, investasi merupakan salah satu pengeluaran wajib masyarakat. Prinsip investasi adalah menunda konsumsi saat ini untuk dinikmati di masa depan, seperti rumah, apartemen atau kendaraan.

"Nah, sisanya, sebesar 50 persen dari gaji itu dihabiskan untuk konsumsi dan kebutuhan pribadi," tandasnya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini