Sukses

Tol Balikpapan-Samarinda Ditenderkan Mei 2015

Pemerintah terus melakukan upaya percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus melakukan upaya percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Salah satu hal yang menjadi prioritas pembangunan adalah jalan tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono mengungkapkan, jalan tol Balikpapan-Samarinda menjadi salah satu jalan tol yang menjadi prioritas.

"Salah satu yang prioritas itu Tol Balikpapan-Samarinda yang panjangnya sekitar 94 kilometer, karena ini masuk KPS (Kerjasama Pemerintah-Swasta)," kata Basuki di Kantor Kemenko, Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Sebagai proyek prioritas melalui skema KPS, lanjut Basuki, dalam pembangunannya juga akan melibatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Dijelaskannya, pemerintah pusat akan membangun Seksi I. Sedangkan untuk Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk membangun seksi V.

"Jadi nanti seksi II, III, IV-nya akan dibangun swasta, akan di lelang," tegas dia.

Mengenai pembebasan lahan dalam pembangunan jalan tol yang memakan investasi sekitar Rp 11,4 triliun itu, Basuki memastikan saat ini seluruh lahan yang akan menjadi jalur tol sudah tidak ada sengketa dengan warga sekitar.

Saat ini, pemerintah telah menyiapkan dokumen-dokumen untuk dapat dilakukan tender yang akan digelar Mei 2015.‎ (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.