Sukses

Isuzu Resmikan Pabrik Baru pada April

Pabrik baru seluas 30 hektar yang menelan biaya investasi hingga Rp 1,7 triliun memproduksi jenis truk kecil dan medium.

Liputan6.com, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia akan meresmikan pabrik barunya di Karawang, Jawa Barat pada 9 April 2015.

Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Johannes Nangoi mengatakan, pabrik yang memiliki luas lahan mencapai 30 hektar ini memproduksi kendaraan jenis truk kecil dan medium, yaitu Isuzu Elf dan Isuzu Giga.

"Investasinya, termasuk luas tanah dan ongkos pindah itu sekitar Rp 1,5 triliun-Rp 1,7 triliun," ujar Johannes di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Dia menjelaskan, pabrik baru ini memiliki kapasitas terpasang 52 ribu unit kendaraan, dan bisa dinaikkan hingga 80 ribu unit, tergantung pada permintaan pasar.

"Tahap awal sekitar 25 ribu-30 ribu unit, tergantung permintaan pasar. Tapi ini di-ekspan sampai 80 ribu unit kalau pasarnya sudah besar. Market share truk kami tahun ini sudah 20%, naik dibanding tahun lalu," kata Johannes.

Dengan adanya pabrik ini, Isuzu juga menutup pabrik sebelumnya yang berlokasi di Bekasi. Penutupan pabrik ini karena kapasitas produksi yang sudah tidak mampu mengimbangi permintaan pasar.

"Pabrik di Bekasi kami tutup karena kapasitas tidak mencukupi. Di situ 20 ribu unit. Kapasitas jalan juga tidak memenuhi, keluar masuk komponen dan kendaraannya sulit. Jadi kami tutup November (2014), Desember pabrik barunya trial dan Januari kemarin mulai jalan," jelasnya.

Pabrik Isuzu di Bekasi tersebut akan dijadikan fasilitas pelatihan dan tempat penyimpanan komponen kendaraan. "Kami akan bentuk training center dan spare part center," tandas Johannes. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.