Sukses

Transaksi Perdagangan Lesu, Harga Emas Stabil

Harga emas untuk pengiriman April di Divisi Comex New York Mercantile Exchange hanya naik 40 sen menjadi US$ 1.204,8 per ounce troy.

Liputan6.com, New York - Harga emas tak terlalu banyak bergerak karena sepinya transaksi perdagangan. Sebagian besar pelaku pasar lebih memilih untuk bermain di pasar saham.

Mengutip The Bullion Desk, Kamis (5/3/2015), harga emas untuk pengiriman April di Divisi Comex New York Mercantile Exchange hanya naik 40 sen menjadi US$ 1.204,8 per ounce troy. kisaran harga pada perdagangan kemarin cukup sempit yaitu di US$ 1.201,20 per ounce hingga US$ 1.208,40 per ounce.

Analis komoditas Marex Spectron, David Govett menjelaskan, perdagangan di pasar komoditas emas saat ini memang sedang lesu karena banyak pelaku pasar memilih untuk memainkan dananya di pasar saham mengingat beberapa indeks terus mencetak rekor dalam beberapa hari terakhir kemarin.

"Sebelum keluarnya data mengenai non farm payrolls oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, kemungkinan transaksi emas akan kecil dan harganya pun tak banyak berubah," jelasnya.

Pelaku pasar memang sedang mencari sentimen baru dalam melakukan transaksi. Beberapa melihat bahwa saat ini belum ada sentimen yang terlalu kuat sehingga harga emas pun tak banyak berubah.

Analis komoditas Dennis Gartman mengungkapkan, dalam konferensi pialang komoditas yang berlangsung pada minggu lalu, tak banyak orang yang tertarik untuk membicarakan harga emas. "Seolah-olah perdagangan emas tidak ada," tuturnya.

Padahal dalam konferensi sebelumnya, emas menjadi komoditas yang selalu dibahas panjang lebar. Sebelumnya, diskusi selalu mengenai nilai tukar dolar yang kemudian akan berakhir pada harga emas.

Untuk komoditas lainnya, harga perak untuk pengiriman Mei menetap di level US$ 16.290 per ounce dan platinum untuk pengiriman april turun US$ 7 menjadi US$ 1.182,60 per ounce. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.