Sukses

Pertamina Kembali Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Wilayah Ini

Pertamina menggelontorkan 37.700 tabung atau setara dengan 113,1 metrik ton (MT).

Liputan6.com, Tangerang - PT Pertamina (Persero) kembali menggelar operasi pasar elpiji 3 kg serentak secara nasional dengan menggelontorkan  37.700 tabung atau setara dengan 113,1 metrik ton (MT).

Manager Media Pertamina Adiatma Sarjito merinci penyaluran elpiji tersebut antara lain disalurkan ke Binjai Sumatera Utara 2.320 tabung, 8.960 tabung di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Sedangkan 23.520 tabung untuk Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dan 2.900 tabung di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur," kata Adiatma, di Tangerang, Banten, Kamis (5/3/2015).

Adiatma menjelaskan operasi pasar elpiji 3 kg secara serentak yang dilakukan Pertamina merupakan kelanjutan dari operasi pasar sebelumnya yang digelar di beberapa kabupaten/kota di wilayah Jawa bagian Barat.

Namun, berdasarkan evaluasi hasil penyaluran operasi pasar yang telah dilakukan tersebut, realisasi pembeliane elpiji 3 kg oleh masyarakat  sangat rendah.

“Sebelumnya kami juga telah melakukan beberapa kali operasi pasar di beberapa titik menindaklanjuti informasi atau keluhan masyarakat, akan tetapi realisasi pembelian elpiji 3 kg ternyata sangat rendah, rata-rata hanya sekitar 10 persen dari tabung yang kita sediakan," tutur dia.
 
Seperti diinformasikan sebelumnya, selain melakukan operasi pasar Pertamina juga telah menggelontorkan elpiji 3 kg ke SPBU-SPBU. Elpiji 3 kg yang dikhususkan untuk rumah tangga miskin dan usaha mikro tersebut dijual dengan harga sesuai HET yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.

“Dengan dijualnya Elpiji 3kg di SPBU,  diharapkan masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk membeli Elpiji 3kg, yang tentu saja dijual dengan harga yang wajar atau sesuai HET setempat," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.