Sukses

7 Musisi Terkaya Sepanjang Masa

Selain dari royalti dan penjualan album, kekayaan musisi juga didapatkan dari brand pakaian dan investasi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Di era kini, industri musik dikhawatirkan bangkrut oleh masyarakat dengan adanya teknologi unduh online. Walau kenyataannya, industri musik masih menjadi industri besar karena kekayaan bisa didapatkan oleh para musisi terbaik.

Selain dari royalti dan penjualan album, kekayaan para musisi didapatkan dari usaha mereka mengeluarkan brand pakaian dan investasi lainnya. Bahkan tidak jarang mereka memiliki perusahaan entertainment sendiri. 

Dilansir dari therichest.com, yang ditulis Minggu (8/3/2015), berikut ini 7 musisi dengan kekayaan terbanyak sepanjang masa:

 

7. Jay-Z

Kekayaan: U$ 560 juta

Jay-Z menginvestasikan pendapatan dari musiknya untuk berinvestasi di label rekaman, restoran, line pakaian, sampanye dan agensi pencari bakat. Digabungkan dengan kekayaan sang istri, Beyonce yang berjumlah U$ 450 juta, jumlah kekayaan pasangan ini mencapai lebih dari U$ 1 miliar.

6. Celine Dion

Kekayaan: U$ 630 juta

Celine Dion merupakan superstar di tahun 1990-an berkat lagu My Heart Will Go On yang merupakan soundtrack Titanic. Konsernya yang digelar di seluruh dunia mengumpulkan berjuta-juta dolar. Tahun lalu, Dion menjual dua mansion miliknya dengan pendapatan lebih dari U$ 100 juta.

5. Bono

Kekayaan: estimasi antara U$ 600 juta - U$ 700 juta

Tahun-tahun terakhir ini, Bono sibuk dalam kegiatan menggalang dana dan terlibat dalam diplomasi. Mudah untuk melupakan band U2 yang sudah berdiri sejak 30 tahun lalu, walau band itulah yang mengangkat nama Bono ke jajaran musisi terkaya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diddy - Lloyd Webber

4. Sean 'Diddy' Combs

Kekayaan: estimasi U$ 700 juta

Diddy merupakan nama yang dikenal baik di kancah musik hip-hop dan rap tahun 1990-an. Selain itu, Diddy menemukan Bad Boy Entertainment. Namun bisnis di luar musik yang membuat kekayaannya meroket. Ia punya bisnis parfum sampai clothing line dengan namanya.

3. Dr. Dre

Kekayaan: U$ 650 juta

Bisnis headphone-nya sukses berat sejak diluncurkan pada 2014 lalu. Dre pun dinobatkan menjadi miliarder hip-hop pertama. Pada 2008, Dre menemukan Beats Electronics dan mendapatkan penghasilan sekitar US$ 600 dari penjualannya ke Apple. Selama 20 tahun, Diddy sudah berkolaborasi dengan berbagai musisi terkenal seperti Eminem dan 50 Cent. Kolaborasi mengantarkan mereka ke kekayaan. Bahkan Eminem bekerja di label rekaman miliknya, Aftermath.

2. Paul McCartney

Kekayaan: U$ 700 juta

Royalti dari back catalog The Beatles dipercaya paling menghasilkan kekayaan diantara grup-grup musik lainnya. Bahkan sejak hengkang dari The Beatles dan bersolo karir, ia tidak pernah tidak sukses. Wings, band-nya menjual jutaan dolar rekaman dan Paul tidak pernah berhenti pergi tur. Bahkan menurut Forbes, ia mendapat U$ 71 juta dari tur saja pada 2014.

1. Andrew Lloyd Webber

Kekayaan: U$ 1,2 miliar

Lloyd Webber mulai menulis lagu sejak tahun 1960-an untuk berbagai pertunjukan Broadway. Hit terbesar-nya di Broadway adalah Phantom of the Opera yang digelar pertunjukannya di Broadway lebih dari 10.000 kali. Selain itu, sumber kekayaannya yang lain adalah dari ditemukannya Really Useful Group pada 1977.

 (Indy/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.