Sukses

Menteri Susi Tolak Rayuan Pengusaha Ikan Soal Transhipment

Saat ini nelayan sudah mengalami kenaikan pendapatan karena kenaikan harga tuna.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak mengindahkan rayuan pengusaha ikan soal pelonggaran pelarangan bongkar muat  kapal di tengah laut (transhipment).

Susi mengatakan, saat ini nelayan sudah mengalami kenaikan pendapatan karena kenaikan harga tuna, dengan diterapkannya kebijakan tersebut meski tak efektif bagi nelayan.

"Kalau untung kenapa harus ada transhipment, mengurangi efisiensi dan efektifitas, tapi untungnya naik harganya naik, tujuannya ngambil sedkit, harga tetap sama," Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Sekretaris Jenderal Asosiasi Tuna Long Line (Atli) Dwi Agus mengakui hal tersebut, namun pria yang akrab disapa Black tersebut masih mencoba melobi Susi agar memberikan kelonggaran dengan alasan meningkatkan mutu ikan sehingga harga semakin naik.

"Kalau transhipment tidak diterapkan, ada peningkatan mutu maka harga naik," ungkapnya.

Namun Susi tak goyang, dirinya bersikukuh untuk menerapkan pelarangan tersebut, menurut Susi, nelayan bisa menjaga kesegaran ikan meski pelarangan tersebut diberlakukan.

"Susi saya nggak bisa loloskan. Jumlah ikan yang harus free harus dijaga!," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini