Sukses

Pabrik Microchip Terbesar Dunia akan Dibangun di Banten

Perusahaan ini merupakan usaha patungan dari berbagai negara.

Liputan6.com, Serang - Provinsi Banten akan kembali menjadi lokasi investor multinasional. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Banten, Ranta Soeharta, rencananya di wilayahnya akan dibangun pabrik microchip yang diklaim terbesar di dunia.

Pabrik ini membutuhkan lahan seluas 200 hektar yang membutuhkan pasokan listrik mencapai 400 mega watt (MW) per hari.

"Rencananya akan mendirikan pabrik microchip terbesar di dunia, dan itu akan dibangun di Indonesia, tepatnyan di Banten Utara," kata Ranta Soeharta di Serang, Jum'at (6/3/2015).

Perusahaan ini merupakan usaha patungan dari berbagai negara seperti Jepang, Taiwan, USA, Singapura, China, dan Korea Selatan. Perusahaan ini bernama Asia Regency Holding Limited. "Perusahaan ini sudah berkembang di China dan India," terangnya.

Guna menyukseskan proyek berskala internasional tersebut, pimpinan perusahaan Asia Regency Holding Limited telah bertemu dengan Gubernur Banten, Rano Karno, untuk meminta ijin dan bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terkait pendirian perusahaan bersakal internasional tersebut.

Untuk mempermudah distribusi barang, Perusahaan Asia Regency Holding Limited telah membidik sejumlah lokasi yang berdekatan dengan bandara internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

"Distribusi aman dan tidak terlalu beresiko saat diangkut dengan mobil. Kalau ini jadi, bakal menyerap tenaga kerja yang besar juga," tegasnya. (Yandhi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.