Sukses

Palu Kini Bebas Krisis Listrik

Kehadiran tranmisi sepanjang 284 kms dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat mengingat pertumbuhan konsumsi listrik mencapai 15%.

Liputan6.com, Palu - PT PLN (Persero) mulai mengoperasikan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kilo Volt (kV) dari Gardu Induk (GI) Poso menuju GI Sidera (Palu Baru) pada Senin (9/3/2015).

Kehadiran transmisi sepanjang 284 kilometer Sirkuit (kms) tersebut bisa menuntaskan krisis listrik di Palu. GM PLN Suluttenggo, Baringin Nababan menuturkan, beban puncak listrik di Palu mencapai 84-88 megawatt (MW). Sementara pasokan listriknya sekitar 75-78 MW sehingga masih ada defisit pasokan listrik di wilayah tersebut.

Pengoperasian jaringan transmisi Poso-Palu akan memperkuat pasokan listrik sebesar 24 MW. Listrik yang disalurkan tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso II dengan kapasitas 3x65 MW.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          "Masyarakat sudah menunggu pengoperasian jaringan transmisi ini," ujar Baringin di Palu.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
Tak hanya mengatasi krisis listrik, kehadiran transmisi ini juga bisa untuk melayani daftar tunggu masyarakat yang ingin menyambungkan listrik.

Tambahan pasokan listrik yang ada, dapat digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan ekonomi yang produktif sehingga diharapkan dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah.

"Saat ini jumlah pelanggan listrik di Palu mencapai 295 ribu, dengan pertumbuhan konsumsi listrik 13 persen-15 persen dalam kurun waktu 3 tahun terakhir," terang dia.

GM PLN UIP XIII, Sarono menjelaskan, proyek transmisi Poso-Palu merupakan jaringan listrik yang terpanjang di Pulau Sulawesi. Ke depan, sistem kelistrikan di Sulawesi bakal tersambung dalam satu interkoneksi.

Dia mengaku, pembangunan transmisi ini penuh tantangan. Pasalnya, pembangunan jaringan transmisi tersebut harus melewati jalur hutan lindung yang masih perawan dan ganasnya alam liar dengan tebing yang curam.

Lokasi yang tak terjamah menjadi penghalang untuk menembus aral melintang dengan akses road sepanjang 40 km. "Kita harus merintis jalan 40 km. Ini pembangunan jaringan paling susah selama 15 tahun," jelas dia.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola berharap dengan adanya transmisi Poso-Palu, tidak ada lagi pemadaman bergilir khususnya di wilayah Palu, Donggala dan Sigi.

Namun dia meminta agar PLN tetap menambah kapasitas jaringan transmisi untuk memperkuat pasokan listrik di wilayah tersebut.

"Memang ada tambahan ini, defisit 8 MW bisa teratasi. Tapi itu untuk sementara kalau pembangkit smua normal, kalau ada gangguan gimana? Jadi saya minta agar tahun ini ditambah lagi transmisinya," terangnya. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.