Sukses

Transmisi Poso-Palu Beroperasi, PLN Kini Hemat Rp 331 Miliar

Pasokan listrik ke masyarakat didominasi dengan pembangkit bahan bakar diesel, dan harga BBM mahal dorong biaya produksi listrik makin mahal

Liputan6.com, Palu - PT PLN (Persero) memperkirakan adanya potensi penghematan Rp 331,2 miliar dari pengoperasian jaringan transmisi 150 kilovolt (kV) Poso-Palu.

Penghematan itu diperoleh dari berkurangnya pemakaian bahan bakar minyak (BBM) untuk melistriki Palu. Pasalnya, saat beban puncak listrik di Palu mencapai 84 megawatt (MW), pasokan listrik ke masyarakat didominasi dengan pembangkit bahan bakar diesel (PLTD). Mahalnya harga BBM mengakibatkan tingginya biaya produksi listrik per kilowatthour (kWh).

"Kami akan mengurangi pembangkit yang memakai BBM sekitar 10-14 MW," terang GM PLN Suluttenggo, Baringin Nababan di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (9/3/2015).

Tak hanya itu, lanjut Baringin, pengoperasian jaringan transmisi Poso-Palu akan menyelesaikan krisis listrik yang terjadi di Palu. Transmisi sepanjang 284 kilometer Sirkuit (kms) tersebut akan menyalurkan listrik sebesar 24 MW yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso II.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      "Masyarakat sudah menunggu pengoperasian jaringan transmisi ini," ujar Baringin.

Tambahan pasokan listrik yang ada, dapat digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan ekonomi yang produktif sehingga diharapkan dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola berharap dengan adanya transmisi Poso-Palu, tidak ada lagi pemadaman bergilir khususnya di wilayah Palu, Donggala dan Sigi.

Namun dia meminta agar PLN tetap menambah kapasitas jaringan transmisi untuk memperkuat pasokan listrik di wilayah tersebut.

"Memang ada tambahan ini, defisit 8 MW bisa teratasi. Tapi itu untuk sementara kalau pembangkit smua normal, kalau ada gangguan gimana? Jadi saya minta agar tahun ini ditambah lagi transmisinya," terangnya. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN