Sukses

Pasar Cermati Perkembangan Yunani, Harga Emas Naik Tipis

Harga emas untuk pengiriman April ditutup menguat US$ 2,2 per ounce ke level US$ 1.164,30 per ounce.

Liputan6.com, New York - Mengawali pekan ini, harga emas naik tipis didorong reli indeks dolar berhenti dan saham Eropa melemah. Akan tetapi, harga emas ini berada di level rendah dalam tiga bulan setelah laporan pekerjaan Amerika Serikat (AS) mendorong harapan kalau bank sentral AS/The Federal Reserve akan segera menaikkan suku bunga.

Mengutip laman Reuters, Selasa (10/3/2015), harga emas di pasar spot naik tipis 0,1 persen ke level US$ 1.166,72 per ounce setelah melemah tajam sejak 1 Oktober 2013. Harga emas untuk pengiriman April ditutup menguat US$ 2,2 per ounce ke level US$ 1.164,30.

Sementara itu, harga perak di pasar spot turun 0,5 persen menjadi US$ 15,86 setelah jatuh ke level terendah dalam dua bulan pada US$ 15,69 per ounce. Harga Palladium menguat 0,5 persen ke level US$ 819,75 per ounce.

"Data laporan pekerjaan pada Jumat pekan lalu begitu signifikan dari yang diharapkan. Pelaku pasar mulai berpikir kalau The Federal Reserve akan harus mulai mengubah sinyal mereka dalam pertemuan berikutnya," tutur Analis Citi David Wilson.

The Federal Reserve diperkirakan segera menaikkan suku bunga acuannya setelah data ekonomi AS cukup baik. Hal ini berpengaruh terhadap aset investasi termasuk emas.

Suku bunga yang lebih tinggi bisa menurunkan permintaan termasuk emas. Laporan pekerjaan yang dilaporkan oleh Departeman Tenaga Kerja menunjukkan kalau pengusaha AS meningkatkan rekrutmen pegawai. Selain itu, tingkat pengangguran turun ke level terendah sejak Mei 2008.

Selain itu, pelaku pasar juga mencermati perkembangan penyelesaian utang Yunani. Pemerintah Yunani akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak untuk memulai diskusi mengenai reformasi Yunani terkait pembiayaan darurat.

Ketidakpastian terus menerus atas krisis utang dapat membuat Yunani keluar dari zona Euro, hal ini bisa meningkatkan permintaan untuk emas ritel.

"Pelaku pasar mencoba untuk menjual emas setelah data tenaga kerja pada Jumat pekan lalu," kata Steve Scacalossi, Head of Sales TD Securities Global Metals. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

Video Terkini