Sukses

Bertemu JK, Newmont Bakal Bahas Masalah Ini

Newmont ingin mengetahui perkembangan terakhir dari kebijakan-kebijakan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Newmont Nusa Tenggara (NTT) Martiono dan CEO Newmont Mining Gary Goldberg‬ mendatangi Kantor Wakil Presiden dan bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Direktur Utama (NTT) Martiono mengatakan, kedatangannya menemui untuk JK hanya untuk mengetahui perkembangan terbaru terkait kebijakan pemerintah soal sektor mineral dan batu bara (minerba).

"Ini kan sebetulnya rutin. Antara lain untuk mengetahui bagaimana pekembangan terakhir dari kebijakan-kebijakan yang sedang dilaksanakan pemerintah Indonesia. Beliau (JK) merasa sekarang lebih kondusif jadi situasinya ke depannya diharapkan lebih baik," ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Martiono juga menyatakan bahwa dalam pertemuan ini pihaknya tidak mengajukan permintaan apapun kepada JK ataupun pemerintah. "Tidak ada (yang diminta). Kami pemegang kontrak karya, kemarin kami diminta melakukan penyesuaian, semuanya sudah kami jalani tetapi kan, kelihatannnya prosesnya lebih cepat," kata dia.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya pertemuan ini hanya sekedar pertemuan biasa. "Tadi pagi saya juga ketemu Newmont, tidak ada apa-apa. Courtesy saja," ungkapnya.

Sudirman juga menyatakan bahwa pihak Newmont tidak membahas rencana investasi yang akan dilakukan perusahaan tersebut kedepannya. "Tidak ada pembicaraan spesifik, tetapi Newmont komitmen untuk terus jadi long term investor. Jadi operator tambang yang sudah cukup lama kan. Tapi tidak ada spesifik rencana tahun ini dan tahun depan," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.