Sukses

Top 5 Bisnis: Rupiah Masih Lebih Perkasa dari Ringgit Malaysia

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang hampir mencapai Rp 13.200 dinilai tidak membahayakan perekonomian Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang hampir mencapai Rp 13.200 dinilai tidak membahayakan perekonomian Indonesia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, pasalnya pelemahan rupiah ini merupakan imbas dari gejala perekonomian di dunia, bukan gejala yang terjadi di dalam negeri.

Pelemahan tak hanya dialami rupiah, tapi juga mata uang Malaysia, ringit. Bahkan Wapres JK menyebut, pelemahan rupiah tak separah ringgit.

Tak hanya itu, berita mengenai peluncuran Railbus Bathara Kresna atau Kereta Api Perintis jurusan Solo-Wonogiri serta curhatan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti soal protes dari negara tetangga juga banyak diburu pembaca.

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, Kamis (12/3/2015):

1. Wapres JK: Pelemahan Rupiah Tak Separah Ringgit Malaysia

Meski pelemahan rupiah kali ini menjadi yang paling tajam di antara mata uang negara lain, namun JK menilai bahwa hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

"Bukan soal wajar (atau tidak), tapi artinya kita bisa berjalan. Ada yang lebih tajam. Kita lebih baik dari Malaysia. Ya hari ini (paling tajam pelemahannya). Mungkin Orang lihat ada masalah-masalah," lanjutnya.

Untuk menjaga agar pelemahan tidak semakin parah, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) akan terus mengeluarkan kebijakan yang diperlukan.

2. Menteri Jonan Luncurkan Kembali Railbus Solo - Wonogiri

PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta resmi meluncurkan kembali railbus Bathara Kresna atau Kereta Api Perintis jurusan Solo - Wonogiri. Peresmian peluncuran kembali railbus tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasiun Jonan di Stasiun Purwosari Solo, Rabu, 11 Maret 2015.

Kereta api perintis tersebut pertama kali diluncurkan empat tahun lalu saat Presiden Joko widodo masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Hanya saja, setelah itu, railbus tersebut sempat berhenti beroperasi. Nah, mulai hari Raibuls Bathara Kresna resmi diluncurkan kembali untuk melayani perjalanan Solo - Wonogiri.

3. Tangkap Pencuri Ikan, Menteri Susi Diserang Negara Tetangga

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku mendapat serangan bertubi-tubi dari negara tetangga, karena menegakkan hukum untuk kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Susi mengatakan, menjaga kedaulatan laut dengan penegakan hukum yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk kapal asing yang mencuri ikan di perairan laut Indonesi telah memukul negara tetangga.

"Bagi negara tetangga kita yang selama ini mengeksploitasi laut kita, kebijakan ini sangat memukul bidang perikanan mereka," kata Susi.

4. Cara Bikin Uang Datang Tanpa Dicari

Sukses memiliki banyak uang sebenarnya dapat diraih dengan lebih dulu membenahi diri sendiri. Yang terpenting, Anda mampu memanfaatkan berbagai peluang yang tersedia mengingat itu merupakan salah satu elemen penting untuk menjadi kaya raya.

Semangat belajar memperkaya pengetahuan dan bekerja keras juga dapat menjadi langkah-langkah mencapai kesuksesan yang besar. Berikut enam cara sederhana yang dapat membuat uang menghampiri Anda dengan sendirinya


5. China Siapkan Duit Ribuan Triliun Buat Belanja Senjata

Sebagai salah satu negara importir senjata terbesar dunia, China tercatat naik dua peringkat ke posisi ke-3 sepanjang 2014. Anggaran pembelian senjata negara tersebut masih terus tumbuh dengan laju yang sangat cepat.

IHS mencatat anggaran pertahanan nasional China meningkat dua kali lipat sejak 2008. Awal bulan ini, pemerintah Beijing mengumumkan anggaran pertahanannya meningkat 10,1 persen menjadi 886,9 miliar yuan atau Rp 1.835,6 triliun(kurs: Rp 2.101/yuan) untuk 2015. (Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini