Sukses

Mata Uangnya Melemah, Negara Ini Bisa Untung dari Penguatan Dolar

Perekonomian Jepang telah mengalami recovery selama 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Laju penguatan dolar tercepat sejak 2008 kian melemahkan sebagian besar mata uang lain. Berbeda dengan beberapa negara lain yang bereaksi cepat mengatasi pelemahan, Jepang justru tampak menikmati pelemahan yen.

"Negara-negara yang ekspornya kuat tentu ambil untung dari penguatan dolar. Jepang salah satunya, dia mampu naik di punggung persoalan ini, memanfaatkan situasi," terang Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Suharso Monoarfa di Jakarta, Sabtu (14/3/2015).

Sementara di Indonesia di mana jumlah ekspor masih lebih rendah dari impor, pelemahan rupiah tak terelakkan. Suharso menegaskan, defisit transaksi neraca berjalan masih menjadi persoalan utama yang mampu menekan rupiah lebih dalam lagi.

Dibenarkan peneliti INDEF Enny Sri Hartati, pelemahan yen belum tentu menjadi musibah bagi perekonomian Jepang. "Bisa jadi mereka untung, apalagi perekonomian pesaing utamanya, China sedang tidak begitu baik," ujarnya.

Terlebih lagi, Enny melihat perekonomian Jepang telah mengalami recovery selama 2014. Bisa jadi, saat ini Jepang memang sengaja melemahkan mata uangnya demi mengeruk untung lebih besar dari ekspor. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.