Sukses

Creador Kapital Akuisisi 20% Saham Bank Index

Creador mengeluarkan dana sebesar Rp 240 miliar untuk bisa memiliki 20 persen saham Bank Index.

Liputan6.com, Jakarta - PT Creador Capital telah menyelesaikan proses akuisisi PT Bank Index Selindo (Bank Index). Dalam proses akuisisi tersebut, Creador mengeluarkan dana sebesar Rp 240 miliar untuk bisa memiliki 20 persen saham Bank Index.

Senior Managing Director Creador Indonesia, Cyril Noerhadi menjelaskan, perusahaan berinvestasi di sektor perbankan di Indonesia karena selain sektor tersebut cukup menarik, namun juga sesuai dengan stategi Creador untuk berinvestasi di dalam bisnis berkualitas.

"Sebagai investor minoritas yang strategis, kami berharap dapat mendukung bank untuk bisa semakin mengembangkan dam melajukan bisnisnya," jelasnya seperti dalam keterangannya, Selasa (17/3/2015).

Komisaris dan juga salah satu pemegang saham Bank Index, Joko Setiawan menambahkan, dengan adanya investasi dari Creador tersebut menandakan bahwa kredibilitas Bank Index sebagai salah satu bank yang sehat di Indonesia diakui. Diharapkan dengan adanya Creador sebagai pemegang saham bisa memberikan saran stategis dan nilai tambah lainnya kepada bank Index.

Bank Index memiliki sejarah pertumbuhan yang kuat. Aset perseroan bertumbuh hampir 30 persen per tahun  dalam 5 tahun terakhir menjadi Rp 6,3 triliun. Sedangkan total kredit yang telah diberikan mencapai Rp 4,6 triliun.

Ekuitas Bank Index meningkat dengan adanya investasi oleh Creador menjadi Rp 900 milyar. Dengan peningkatan ekuitas tersebut, tingkat kecukupan modal menjadi ke level 22,2 persen. Tingkat kecukupam modal tersebut jauh jika dibanding dengan ketentuan Bank Indonesia yang harus berada di atas level 8 persen.

Dalam lima tahun terakhir, Bank Index dapat mencapai tingkat  pertumbuhan yang sangat agresif dengan tetap mempertahankan  Margin Bunga Bersih (Net Interest Margin) yang sehat di 5 persen dan tetap bisa menjaga angka kredit bermasalah di level 0,4 persen.

Sepanjang tahun ini, Bank Index menargetkan menyalurkan kredit sebesar Rp 6 triliun atau naik 33 persen jika dibandingkan dengan realisasi akhir tahun lalu, yakni Rp 4,6 triliun. Adapun, pertumbuhan dana pihak ketiganya ditargetkan bisa mencapai 24,5 persen, yaitu dari Rp 5,2 triliun menjadi Rp 6,5 triliun, dengan total aset sebesar Rp 7,6 triliun.

Untuk diketahui, Creador Capital merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan Creador II LCC, perusahaan asal malaysia yang merupakan privat equity yang fokus berinvestasi jangka panjang dan berorientasi pada pertumbuhan bisnis di Malaysia, Singapura dan india. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.