Sukses

Ini 11 Pemenang Lelang Wilayah Migas

Abar Offshore berlokasi di Utara Jawa Barat dimenangkan PT Pertamina (Persero).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan 11 pemenang Wilayah kerja minyak dan gas (migas) yang pelelangannya dilakukan pada 2014.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Nyoman Wiratmaja mengatakan, pengumuman hasil lelang terdiri dari penawaran Langsung dan reguler untuk wilayah kerja migas tahap I  2014, periode  2 Juni 2014 sampai 6 Oktober 2014 dan lelang penawaran langsung wilayah kerja migas non konvensional 2014 periode  23 Juni 2014 sampai 7 Agustus 2014. 

"Telah dilaksanakan lelang penawaran langsung wilayah kerja migas tahap I Tahun 2014 pada  tanggal 2 Juni 2014 sampai dengan tanggal 16 Juli 2014," jelas Wira, di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (17/3/2015).

Jumlah wilayah kerja yang ditawarkan ada delapan yaitu wilayah kerja North Central Java Offshore, wilayah kerja untuk Kualakurun, wilayah kerja Garung, wilayah kerja Offshore Pulau Moa Selatan, wilayah kerja Dolok, wilayah kerja Southeast Papua, wilayah kerja Abar dan wilayah kerja Anggursi.

Namun, hanya enam wilayah kerja yang dimenangkan, yaitu:

  • Kualakurun berlokasi di Onshore Kalimantan Tengah dimenangkan PT Petcon Resources-Petronas Carigali International E&P BV.
  • Garung Onshore berlokasi di Kalimantan Tengah dimenangkan PT Mentari Abdi Pertiwi.
  • Offshore Pulau Moa Selatan berlokasi di Offshore Maluku dimenangkan oleh  Shell Exploration Company B.V.
  • Southeast Papua berlokasi di Onshore Papua dimenangkan oleh PT Gema Terra – Transform Exploration Pte Ltd.
  • Abar Offshore berlokasi di Utara Jawa Barat dimenangkan  PT Pertamina (Persero).
  • Anggursi Offshore berlokasi di Utara Jawa Barat dimenangkan oleh PT Pertamina (Persero).

Sedangkan pemenang lelang reguler wilayah kerja migas tahap I 2014 dari lima wilayah Kerja yang ditawarkan. Jumlah Bid Document yang dibeli tiga dokumen untuk 3 wilayah kerja yaitu wilayah kerja North Madura II, wilayah kerja Aru Trouhj I dan wilayah kerja Aru Trough II, sedangkan dua wilayah kerja lainnya tidak diminati yaitu wilayah kerja Yamdena dan wilayah kerja South Aru II.



Dari tiga wilayah kerja Migas yang diminati hanya dua yang dimenangkan, yaitu:

  • North Madura II berlokasi di Offshore Jawa Timur dimenangkan oleh Petronas Carigali International E&P BV.
  • Aru Trough I  berlokasi di Offshore Aru dimenangkan oleh Statoil ASA.

Sedangkan untuk pemenang lelang Penawaran Langsung wilayah kerja migas Non Konvensional (MNK)  2014,  jumlah wilayah kerja yang ditawarkan ada tiga wilayah Kerja yaitu wilayah kerja MNK Palmerah, wilayah kerja MNK Sakakemang, dan wilayah kerja MNK Selat Panjang.

  • MNK Palmerah berlokasi di Onshore Sumatra Selatan & Jambi dimenangkan oleh Konsorsium Bukit Energy Resources Palmerah Deep Pte. Ltd. - New Zealand Oil and Gas Ltd – PT. SNP Indonesia – Bumi Perdana Energy Ltd – Glory Wealth Pacific Ltd.
  • MNK Sakakemang berlokasi di Onshore Sumatera Selatan dimenangkan oleh  Konsorsium Bukit Energy Indonesia Pte.Ltd – Pertamina (Persero).
  • MNK Selat Panjang berlokasi di Onshore Riau dimenangkan oleh Petroselat Ltd.

(Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini