Sukses

Asmawi Syam Calon Kuat Bos BRI?

Kursi direksi BRI banyak yang koson karena sebagian besar direksi ditugaskan ke perusahaan BUMN lain.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, pada hari ini, Kamis (19/3/2015) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan ‎2015. salah satu agenda dalam RUPS tersebut adalah menentukan beberapa direksi baru. Nama Asmawi Syam yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama digadang-gadang bakal menjabat sebagai Direktur Utama.

"Itu yang sekarang menjadi Plt yang akan diangkat jadi Dirut," kata salah satu sumber saat berbincang dengan Liputan6.com‎, Kamis (19/3/2015).

Selain itu, sumber Liputan6.com juga menyebutkan bahwa ada salah satu direksi PT Bank Mandiri Tbk yaitu yang akan hijrah ke BRI untuk menjabat sebagai Wakil Direktur Utama. "Sunarso nanti akan jadi wakil," tuturnya. Saat ini Sunarso menjabat sebagai Direktur Komersial dan Bisnis Bank Mandiri.

Kursi direksi BRI memang banyak yang kosong. Sebagian besar direksi BRI di tahun ini ditugaskan ke perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain. Direksi yang pertama berpindah Direktur Utama Sofyan Djalil yang ditunjuk oleh Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menduduki kursi Direktur Utama PT PLN (Persero). Selain Sofyan, Sarwono Sudarto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasional BRI juga diminta Rini untuk menjadi direksi di PLN.

Setelah itu, Lenny Sugihat yang menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko BRI juga diminta Kementerian BUMN untuk menjadi orang nomor satu di Perum Bulog.

Tak cukup tiga direksi tersebut, pada Selasa (17/3/2015) dalam RUPS PT Bank Mandiri Tbk memutuskan untuk mengangkat Sulaiman Arif Arianto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Komersial BRI untuk menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri.

Terakhir pada Rabu (18/3/2015), Achmad Baiquni sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan BRI berpindah ke PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk menjabat sebagai Direktur Utama.

Tak hanya Acmad Baiquni, BRI juga mengirimkan petinggi lainnya ke BNI, yaitu‎ Suprajarto sebagai Wakil Direktur Utama menemani Achmad Baiquni. Suprajarto sebelumnya di BRI menjabat sebagai Direktur Jaringan dan Layanan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini