Sukses

Pertamina Tambah Kapal Pengangkut BBM

Pertamina akan maksimalkan performa kapal untuk distribusikan minyak olahan Pertamina dalam waktu tiga bulan ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menambah kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM)  jenis White Oil Tanker berkapasitas 17.500 long ton deadweight (LTDW) yang diproduksi PT PAL Indonesia.

Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Ahmad Bambang mengatakan, kapal yang diberi nama Pangkalan Brandan tersebut merupakan ke dua yang dibangun oleh PAL.  

Kapal itu menjadi milik Pertamina yang ke-69 dari total 200-an kapal yang dioperasikan dalam menjamin keamanan pasokan energi di dalam negeri.

"Ini merupakan sister ship dari kapal Pagerungan yang telah diserahterimakan ke Pertamina pada 12 November 2014," kata Ahmad, di Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Menurut Ahmad, Pertamina berinvestasi sekitar US$ 24 juta untuk membangun kapal pangkalan Brandan. Pertamina akan maksimalkan performa kapal untuk mendistribusikan minyak olahan Pertamina  dalam waktu tiga bulan ke depan.

Selain itu juga secara bersamaan melakukan persiapan pemenuhan regulasi dan administrasi yang dipersyaratkan Terminal Approval sebelum melakukan trading out.

Utilisasi kapal ini akan digunakan untuk alokasi pengiriman BBM dari dan ke Pelabuhan Balongan, Tuban, Tanjung Wangi dan depot wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

"Komitmen untuk turut serta membangun industry maritime nasional telah kami buktikan sekali lagi dengan dilakukannya serah terima kapal Pangkalan Brandan ini," tutur Ahmad.

Ia mengungkapkan,  pelaku bisnis maritim di Indonesia tentu sudah mengerti dan paham kesulitan melakukan investasi pembangunan kapalbaru di galangan dalam negeri, namun sekali  Pertamina menyerap semua potensi dan kendala tersebut dengan satu tujuan.

"Pertamina maju bersama industry maritime nasional," kata Ahmad. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • kapal