Sukses

Jurus Pemerintah Berantas Sekolah yang Masih Gelap Gulita

Sebanyak 17.520 sekolah di Indonesia yang belum ada sambungan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 17.520 sekolah di Indonesia yang belum ada sambungan listrik. Angka ini sekitar 8,4 persen dari jumlah sekolah di bawah pengelolaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencapai 208 ribu unit.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah (Kemenbuddikdasmen) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjsama mengentaskan sekolah yang belum teraliri listrik.

Menbuddikdasmen Anies Baswedan mengatakan, akan dibentuk tim gugus tugas (task force) untuk memberantas sekolah yang belum teraliri listrik.

"Dari pertemuan tadi kita bentuk gugus tugas bersama," kata  Anies, di Kantor Kementerian ESDM Jumat (20/3/2015).

Anies mengungkapkan, langkah awal tim tersebut sebelum melistriki sekolah adalah mengumpulkan data verifikasi setelah melakukan tindakan penyelesaian masalah sesuai tantangannya.

"Masalah sesuai tantangan di daerah masing-masing ini sebuah langkah menyelesaikan masalah listirk sekolah," tuturnya.

Menteri ESDM Sudirman Said menambahkan, selain menyusun rencana teknis tim tersebut nantinya juga akan menyusun anggaran. Saat ini tim belum bekerja karena masih dalam pembentukan antar kedua instansi.

"Caranya apa melibatkan siapa tentu harus ada yang diajak bicara, sekolah menyangkut pemerintah daerah (pemda) juga, detailnya kita susun. Ke depan kita lakukan visit sekolah," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • sekolah

Video Terkini