Sukses

Ironis! Ada Sekolah di Dekat Jakarta yang Belum Teraliri Listrik

Menteri ESDM Sudirman Said mengakui masih ada sekolah dekat dengan Jakarta yang belum teraliri listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengakui masih ada sekolah dekat dengan Jakarta yang belum teraliri listrik.

Sudirman mengatakan, saat ini rasio elektrifikasi Indonesia mencapai 84 persen, hal tersebut menunjukkan belum keseluruhan wilayah Indonesia belum mendapatkan listrik termasuk sekolah di dekat Jakarta.

"Rasio elektrifikasi yang kita punya sekarang 84 persen wilayah Indonesia yang belum dapat listrik kurang lebih belum baik dari tempat tertentu dekat di Jakarta sebetulnya ada sekolah yang belum dapat listrik,"  kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Sudirman mengungkapkan, untuk memberantas sekolah yang belum mendapatkan listrik tersebut,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah dan Kementerian dan Kementerian ESDM membentuk tim gugus tugas (task force).

 Setelah tim tersebut dibentuk langkah pertama yang akan dilakukan adalah melakukan pendataan ulang. Pasalnya dari data lama, ada sekolah yang belum mendapatkan listrik tetapi lingkungannya terdapat jaringan listrik.

"Data itu kondisi di lapangan update sekolah di Pasar Rebo tidak ada listrik tapi dicek ada sambungan, perlu dicek siapa tahu beberapa bulan belum bayar listirknya diputus," ungkapnya.

Anies menambahkan, di Jakarta masih ada 8 persen sekolah setingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) belum teraliri listrik.

"Di Jakarta sudah 92, yang belum delapan persen," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.