Sukses

Saham RS Mitra Keluarga Diminati Investor Asing

PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk menawarkan 261,91 juta saham dalam rangka penawaran saham perdana.

Liputan6.com, Jakarta - Penawaran saham perdana/inital public offering (IPO) PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) mengalami kelebihan permintaan/oversubcribed terutama dari investor asing.

Direktur Utama PT Kresna Graha Sekurindo, Michael Steven menuturkan, kelebihan permintaan saat IPO itu antara lain sebanyak 10,3 kali dari investor institusi dan 8,2 kali dari investor ritel. Pihaknya telah melakukan road show ke sejumlah negara antara lain Singapura, Hong Kong dan London saat IPO.

"Untuk komposisi dari investor asing mencapai 53 persen, dan 47 persen merupakan investor lokal," ujar Michael, Selasa (24/3/2015).

PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk menawarkan 261,91 juta saham atau sekitar 18 persen dari modal disetor dan ditempatkan dengan nominal Rp 100 per saham. Dari jumlah tersebut,  sebanyak 73,75 juta merupakan saham baru dan sekitar 189,15 juta saham biasa milik pemegang saham Lion Investments Partner B.V.

Dengan IPO perseroan menerima dana segar sekitar Rp 4,45 triliun yang terdiri dari Rp 1,23 triliun berasal dari saham baru dan Rp 3,21 triliun saham divestasi milik Lion Investment Partners.

Penggunaan dana ini sebanyak 56 persen untuk rumah sakit 56 persen di Jabodetabek dan Surabaya, 20 persen untuk pembelian alat dan infrastruktur teknologi informasi, 16 persen untuk pembelian tanah, dan 8 persen ekpansi rumah sakit yang sudah ada.

Untuk aksi korporasi ini MIKA telah menunjuk PT Kresna Graha Sekurindo, PT Morgan Stanley Asia Indonesia, PT UBS Securities Indonesia, PT Deutche Securities Indonesia, dan PT CIMB Securities sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Total saham yang dicatatkan mencapai 1,45 miliar saham di BEI. Komposisi saham yang dicatatkan terdiri dari saham pendiri Perseroan mencapai 1,19 miliar saham dan saham yang dilepas ke publik sekitar 261,91 juta saham dengan nilai nominal Rp 100.

Harga saham yang ditawarkan ke publik Rp 17.000 per saham. Dengan pencatatan dan harga saham tersebut, kapitalisasi pasar saham PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk yang dibentuk menjadi Rp 24,73 triliun. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini