Sukses


Mau Investasi, Beli Properti di 5 Kota Ini

Sebaiknya Anda memperhatikan wilayah-wilayah tepat untuk memburu properti kedua dan seterusnya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Meski ada perlambatan di tahun lalu, sektor properti masih menjadi surga investasi bagi masyarakat Indonesia. Sektor properti diperkirakan bakal menggeliat di 2015, mengingat pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla pro bisnis dan meningkatnya daya beli orang Indonesia.
 
Mayoritas orang Indonesia menginvestasikan uang dengan membeli hunian (rumah, apartemen, dan lainnya) kedua. Namun sebelum membeli, sebaiknya Anda memperhatikan wilayah-wilayah tepat untuk memburu properti kedua dan seterusnya di Indonesia. 
 
Seperti dikutip dari keterangan resminya di Jakarta, Rabu (25/3/2015), sebuah portal properti global Lamudi telah membuat daftar lima kota teratas untuk membeli properti kedua berdasarkan pertumbuhan harga, tren pencarian dan kesempatan investasi.
 
1. Pekanbaru, Riau
 
Pekanbaru tahun ini banjir penghargaan. Kota ini baru saja menyabet penghargaan sebagai kota tujuan investasi terbaik, tata kelola pemerintah kota terbaik dan paling anyar penghargaan sebagai kota terbaik di Indonesia 
 
Sedangkan dari sisi real estate, Pekanbaru meraih penghargaan sebagai kota termudah, termurah dan tercepat dalam urusan perizinan properti di Tanah Air. 
 
Lokasinya yang strategis sebagai pintu masuk  Singapura dan Malaysia, membuat Pekanbaru sering menjadi pemberhentian favorit bagi para pelancong dan membuka banyak kesempatan di sektor rumah sakit. 
 
2. Balikpapan, Kalimantan Timur
 
Pertumbuhan ekonomi yang kuat di industri layanan, perdagangan, minyak dan gas telah menarik perhatian banyak orang dan investor untuk memalingkan pandangan mereka ke Balikpapan. 
 
Populasi di kota ini telah tumbuh sebesar 4,5 persen pada 2014, dan 3 persen di antaranya adalah pendatang baru. Perkembangan ini tentu membuka banyak kesempatan di sektor perumahan. 
 
Bahkan, Balikpapan mencatat rekor sebagai kota dengan pertumbuhan harga properti paling tinggi pada kuartal IV 2014, mengalahkan Batam (3,68 persen) dan Surabaya (3,66 persen) di urutan kedua dan ketiga.
 
3. Surabaya, Jawa Timur
 
Menempati posisi teratas di 100 kota bisnis menurut majalah SWA, kota terbesar kedua di Indonesia ini merupakan pilihan utama para investor setelah Jakarta. Ekonomi di Surabaya sangat luas dan besar. 
 
Pemerintah daerah Surabaya juga bekerja keras untuk memudahkan aliran investasi dengan menerapkan proses online melalui e-government, sehingga kota Pahlawan ini begitu menarik para investor, baik lokal maupun asing. Rencana untuk membangun MRT akan mengerek harga properti di area ini semakin kompetitif.
 
4. Bandung, Jawa Barat
 
Bandung adalah salah satu tujuan wisata favorit bagi orang Jakarta, apalagi sejak tol Cipularang dibuka 10 tahun lalu sehingga membuat akses Jakarta-Bandung semakin mudah. 
 
Infrastrukturnya mengalami perbaikan sejak Ridwan Kamil menjabat sebagai Walikota. Perkembangan seperti taman kota, transportasi publik, atau bahkan yang terkenal dengan Kota Teknopolis, tentu akan membuat Paris Van JaVa ini semakin menarik bagi para investor.
 
5. Makassar, Sulawesi Selatan
 
Makassar adalah titik penting di Indonesia bagian Timur. Sebagian besar perekonomian Makassar didorong oleh sektor jasa dan industri. Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 9,8 persen di 2014, banyak investor yang mencari kesempatan berinvestasi di Makassar. 
 
Negara-negara seperti Prancis, Jepang, Selandia Baru, Polandia, Amerika Serikat dan Singapura telah menyatakan ketertarikan untuk membenamkan modalnya di berbagai sektor di kota ini seperti, teknologi, infrastruktur, hospitalitas dan tata ruang kota. (Fik/Nrm)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.