Sukses

Bagi Investor Jepang, RI Jadi Negara Paling Menjanjikan

Survei dari JETRO Jepang menyebutkan dua per tiga investor Jepang yang sudah berinvestasi di Indonesia melakukan perluasan usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mempromosikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ke para investor Jepang melalui pemutaran video. Video ini diputar sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan pada acara Indonesia Business Forum di Tokyo, Selasa (24/3/2015) kemarin.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan, pemutaran video tersebut untuk mempromosikan keberadaan PTSP Pusat di BKPM dan meyakinkan investor Jepang bahwa layanan yang diluncurkan Presiden Jokowi 26 Januari lalu.

Dia menjelaskan, PTSP bermanfaat memberikan kemudahan bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Indonesia. Kemudahan tersebut antara lain adanya kepastian persyaratan, waktu dan biaya yang dibutuhkan investor untuk memperoleh layanan perizinan investasi.

"Serta informasi awal tentang ketersediaan lahan yang dibutuhkan investor, beserta harga pasarnya sehingga dapat memproyeksikan biaya investasi," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Menurut dia, isu perizinan menjadi concern investor Jepang ketika mempertimbangkan rencana investasi ke Indonesia.

"Ketika kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Jepang minggu lalu, isu perizinan juga diangkat oleh investor Jepang kepada Wapres. Saat itu, sudah dijelaskan reformasi perizinan investasi yang dilakukan pemerintah dengan launching PTSP Pusat oleh Presiden untuk menciptakan perizinan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi," lanjutnya.

Franky mengungkapkan, BKPM sebenarnya sudah melakukan upaya pengenalan keberadaan PTSP Pusat kepada investor Jepang, baik yang ada di Indonesia maupun di Jepang sendiri.

"Kami telah menggelar investor forum untuk investor dari Jepang guna mengenalkan keberadaan PTSP Pusat. Bahkan, menyambut kunjungan Presiden ke Jepang, TV Nasional Jepang NHK membuat liputan khusus tentang PTSP Pusat," kata dia.

Persepsi investor Jepang terhadap prospek investasi di Indonesia sebenarnya cukup baik. Survey Japan Bank International Cooperation (JBIC) tahun 2014, yang menempatkan Indonesia pada urutan kedua negara yang paling menjanjikan untuk investasi setelah India.

Tahun sebelumnya, Indonesia bahkan menduduki peringkat pertama sebagai negara paling menjanjikan dalam investasi di mata investor Jepang.

"Selain itu, survei dari JETRO Jepang menyebutkan dua per tiga investor Jepang yang sudah berinvestasi di Indonesia melakukan perluasan usaha. Dengan keberadaan PTSP Pusat, saya optimis peringkat Indonesia sebagai negara paling menjanjikan dalam investasi semakin baik," tandasnya.

Jepang merupakan salah satu negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia. Sejak tahun 2010, Jepang senantiasa menjadi lima besar negara yang berinvestasi di Indonesia. Pada tahun 2014 Jepang menempati peringkat kedua negara dengan investasi terbesar senilai US$ 2,7 miliar atau 9,5 persen dari total investasi asing ke Indonesia. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.