Sukses

11 Cara Ciptakan Sumber Penghasilan

Berikut tips untuk mengembangkan diri seseorang sehingga mendapatkan penghasilan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin merasa berjuang keras dalam dunia kerja sekarang ini. Entah dalam mencari pekerjaan yang tepat, pernah dipecat, menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga, dan bahkan belum yakin akan jalan Anda.

Seperti yang dikutip dari lifehack.org, Rabu (25/3/2015), seorang kakek pernah berkata semua orang punya tiga kesempatan dalam hidup mereka untuk bekerja dengan diri sendiri dan sukses. Saat kesempatan itu datang pertama kali, mereka terlalu muda untuk menyadarinya. Kedua, mereka terbebani dengan tanggung jawab keluarga dan tidak berani mengambil risiko. Ketiga, mereka terlalu tua.

Ada orang-orang yang pernah dipecat dan bisa mendapat penghasilan dengan cara lain. Mereka kerap menjadikan waktu tanpa pekerjaan sebagai kesempatan mengembangkan diri. Ada tips-tips untuk Anda bisa menjadi orang seperti itu.

1. Jangan resign (dulu) dari pekerjaan Anda

Walau tergoda untuk memulai karir sendiri, kenyataannya Anda butuh makanan dan tempat tinggal. Memulai karir lain ada dalam cara yang bertahap. Tunggu sampai Anda mendapat penghasilan yang setara dengan gaji anda saat ini.

2. Cari tahu passion Anda

Apa bakat alami Anda? Coba cari tahu sumber penghasilan yang sesuai. Pintar-pintarlah mencari kesempatan untuk mengembangkan diri sekaligus menambah penghasilan.

3. Latihan keterampilan baru

Sudah banyak cara menghasilkan uang secara online. Coba ambil kursus online untuk desain grafis dan web atau baca tips-tips SEO untuk memulai. Cari tahu bakat yang Anda ingin kembangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4-7

4. Cari tahu target pasar Anda

Perlu riset untuk mengetahui apa yang Anda perlu dan ingin jual. Bagian dari menghasilkan uang adalah mengetahui siapa saja potensi pembeli dengan cepat.

5. Pasarkan produk atau jasa Anda

Ini merupakan tahap paling menantang. Ada perbedaan dari menjual produk secara langsung dan online. Anda akan memerlukan saran dan bantuan dari ahli.

6. Buat blog, website dan akun media sosial

Bisnis lokal atau yang lebih luas, Anda memerlukannya. Secara lokal, Anda bisa menghabiskan banyak uang dengan beriklan dan membuat flyer. Namun kini orang-orang sudah lebih mahir ber-internet. Daripada membuat flyer yang mudah dibuang, lebih baik gunakan internet sebagai strategi promosi.

7. Jangan remehkan kekuatan koneksi

Anda bisa bergabung di organisasi bisnis lokal dan menjaga hubungan baik serta berpatisipasi dalam berbagai kegiatan. Ketika pelanggan mereka mencari apa yang Anda tawarkan, para rekan Anda bisa merujuk mereka ke Anda.

3 dari 3 halaman

8-11

8. Miliki penghasilan aktif dan pasif

Jika Anda masih merupakan pekerja kantoran, Anda hanya bisa mengembangkan satu atau dua sumber penghasilan lain yang memiliki peran aktif. Namun mengembangkan sumber pendapatan pasif tidak kalah penting. Jika Anda punya uang tambahan, cari tempat yang aman untuk berinvestasi.

9. Cari pertolongan orang lain

Anda bisa mencontoh pengalaman mereka yang sudah sukses. Pelajari cara mereka memulai dan mengembangkan sumber penghasilan mereka secara bertahap. Apalagi, banyak mentor dan pelatih bisnis sekarang ini.

10. Jangan takut bertanya

Bertanyalah pada pembeli untuk referensi dan testimonial, jadilah referensi untuk calon slien atau pembeli. Pelanggan yang puas dengan layanan Anda akan dengan senang hati membantu.

11. Pasang iklan

Seiring dengan bertambahnya kepopuleran Anda di media sosial, jual iklan di blog atau situs untuk bisnis yang bersangkutan. Banyak blogger terkenal yang mendapat penghasilan yang tidak sedikit dari iklan. (Indy/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini