Sukses

Top 5 Bisnis: Tol Laut Jokowi Bikin Penasaran

Bappenas mengungkapkan program tol laut yang diusung Presiden Jokowi sudah beroperasi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menjelaskan, program tol laut yang diusung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah beroperasi saat ini.

Namun memang, pelayanan yang diberikan masih sebatas pelayaran jarak pendek (short sea shipping) dengan kapal-kapal kecil yang melayani beberapa daerah. Informasi ini menjadi berita yang paling dicari pembaca.

Tak hanya itu, hasil dari pertemuan Presiden Jokowi dengan beberapa kelompok investor di Jepang, dalam kunjungan kerja 23-25 Maret 2015 juga menarik untuk disimak. Dari sejumlah pertemuan, orang nomor 1 di Indonesia tersebut telah menghasilkan beberapa komitmen investasi yang akan segera direalisasikan tahun ini.

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, edisi Kamis, 26 Maret 2015:

1. Tol Laut Jokowi Sudah Beroperasi

Direktur Transportasi Bappenas, Bambang Prihartono mengungkapkan, tol laut Jokowi mulai beroperasi sejak Februari 2015. Tol laut banyak diwujudkan di wilayah Timur Indonesia.

Bambang menjelaskan, kapal yang melintas di tol laut rute ini adalah kapal-kapal berukuran kecil yang mengangkut barang dan penumpang. Pengoperasian kapal tersebut terjadwal dua kali dalam sehari. berbeda dengan dahulu, kapal-kapal tersebut hanya berlayar jika menerima pesanan atau carter.

2. Ini Cara Sukses Mereka yang Masih Muda

Kita mungkin mengasosiasikan kekayaan melimpah dengan kaum pria paruh baya. Kenyataannya, sekarang ini semakin banyak laki-laki maupun wanita muda yang sudah menjadi kaya raya.

Internet sudah ada di kantung dan tas tangan, dan orang muda dapat belajar hal-hal baru setiap hari. Tapi, untuk pastinya, bagaimana mereka yang bisa mendulang kekayaan di usia muda melakukannya?

3. Ini Hasil Jualan Presiden Jokowi di Jepang.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan beberapa kelompok investor di Jepang, dalam kunjungan kerja 23-25 Maret 2015, menghasilkan beberapa komitmen investasi yang akan segera direalisasikan tahun ini.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan total nilai investasi yang akan direalisasikan sebesar US$ 3 miliar, di luar komitmen sektor otomotif.

4. KAI Tambah 48 Jadwal Perjalanan Kereta

PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali melakukan perombakan jadwal perjalanan kereta yang berlaku mulai 1 April 2015. Perombakan jadwal tersebut dilakukan agar target peningkatan jumlah penumpang sesuai dengan rencana kerja 2015 bisa tercapai.

Kepala Stasiun Bogor, Darmin mengatakan, dalam rencana kerja 2015, KAI akan menambah 48 jadwal perjalanan kereta api setiap harinya. Dengan penambahan tersebut total jadwal kereta api di seluruh Indonesia menjadi 412 perjalanan per hari.

5. Cairkan Dana Desa, Pemerintah Rekrut Pendamping Aparatur

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar bakal menyeleksi kader 'pengawal' yang bertugas mendampingi aparatur desa untuk mengatur anggaran yang telah diberikan jelang pencairan dana desa pada April 2015.

Dengan begitu realisasinya tetap sasaran dan bermanfaat untuk kemandirian desa. Marwan menegaskan akan meluncurkan perekrutan kader pendamping desa pada 31 Maret 2015. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.