Sukses

Tarif Kereta Pangrango Bogor-Sukabumi Ikut Naik

Perubahan harga itu merupakan penyesuaian karena ada perubahan perhitungan tarif dan kenaikan harga tiket berjamin.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan tarif commuter line Jabodetabek ternyata diikuti oleh kereta api (KA) Pangrango yang melayani perjalanan Bogor - Sukabumi.
Wakil Kepala Stasiun Bogor, Herry menuturkan,  harga tiket KA Pangrango juga bakal mengalami perubahan mulai 1 April 2015.

Perubahan tersebut merupakan penyesuaian dengan ada perubahan perhitungan tarif dan kenaikan harga tiket berjamin (THB). Sebelumnya harga tiket KA Pangrango kelas ekonomi adalah Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu untuk kelas bisnis.

"Untuk kelas ekonomi KA Pangrango mengalami perubahan menjadi Rp 35 ribu dan kelas bisnis menjadi Rp 70 ribu. Jadi kenaikannya Rp 15 ribu untuk ekonomi dan Rp 20 ribu untuk bisnis," kata Herry.

Herry menuturkan, perjalanan KA Pangrango dalam sehari ada 3 kali pemberangkatan yaitu pukul 07.55 WIB, 13.25 WIB dan terakhir adalah 18.30 WIB dari Stasiun Bogor.

Untuk ketersediaan bangku yang ada, tiket KA Pangrango lebih fleksibel, karena bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan. Apabila ada penumpang mendesak masuk dalam keadaan darurat tidak akan dilayani.

"Tergantung jika kursi masih ada akan kami perbolehkan tapi kalau sudah penuh terpaksa tidak bisa karena peraturannya satu bangku untuk satu orang saja, kecuali ada yang membatalkan perjalanan. Sudah dipastikan untuk akhir pekan selalu terjual habis," ujar Herry.

Sebelumnya PT KAI Comuter Jabodetabek (KCJ) bakal mengubah penerapan tarif KRL. Dalam ketentuan baru, perhitungan tarif kereta api listrik akan berdasarkan jarak tempuh. Sebelumnya, perhitungan tarif KRL berdasarkan jumlah stasiun yang dilewati.
Direktur Utama KCJ, M. Fadhil menuturkan, ada sistem tarif baru tersebut maka ada beberapa relasi perjalanan yang mengalami penurunan dan kenaikan tarif.

Seperti untuk relasi Bekasi-Jakarta Kota dari sebelumnya tarif KRL sebesar Rp 3.500 kini menjadi Rp 3.000 per perjalanan. Sedangkan untuk relasi Duri-Tangerang dari sebelumnya Rp 2.500 menjadi Rp 2.000 per perjalanan.
Berikut daftar tarif baru dari relasi perjalanan KRL‎:

    Bogor-Jakarta Kota, tarif tetap Rp 5.000
    Tanah Abang-Sudimara, tarif tetap Rp 2.000
    Bogor-Tanah Abang, semula Rp 4.500 menjadi Rp 5.000
    Cilebut-Tanah Abang, semula Rp 4.500 menjadi Rp 5.000
    Duri-Tangerang, semula Rp 2.500 menjadi Rp 2.000
    Bekasi-Jakarta Kota, semula tarif Rp 3.500 menjadi Rp 3.000.

(Bima F/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini