Sukses

Kunci Membangun Jaringan Bisnis bagi Para Introver

Ada satu kunci dalam membangun jejaring bagi Anda yang memiliki sifat inrover.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang memiliki sifat tertutup (introver), bersosialisi merupakan kegiatan yang menyedot energi dan membuat pikiran lelah.

Belum lagi jika mereka harus berhadapan dengan para orang ekstrover yang tidak mengerti dan membuat komentar insensitif.

Bagi kaum introver, bagian yang paling dibenci dan takuti dalam membangun jejaring adalah penolakan. Ini sesungguhnya bisa diatasi dengan merubah sudut pandang.

Lantas seperti apa sudut pandang tersebut. Seperti dilansir dari laman nextchapternewlife.com, Sabtu (28/3/2015), ini yang harus dilakukan para introver untuk bisa membangun jaringan: 

Jangan diambil hati

Ini serius. Pikirkan saja apa yang ada di pikiran orang lain itu bukan Anda. Mereka yang menolak Anda mungkin memiliki masalah sendiri.

Hidup penuh dengan kejutan, seringkali kejutan yang tidak mengenakkan. Ini bisa terjadi entah kepada Anda maupun kepada orang lain.

Kita bisa membebani diri sendiri tentang segala sesuatu, termasuk bertemu orang baru. Saat bertemu orang baru, cobalah, daripada terlalu berfokus pada diri sendiri dalam memberi kesan baik, alihkan perhatian ke orang itu.

Dengarkan mereka, coba simak apa yang ingin mereka katakan. Anda akan merasa tingkat stres turun.

Belajarlah merubah kata-kata yang ditujukan ke diri Anda sendiri. Jangan terlalu sering mengambil hati omongan orang lain. Mereka baru kenal Anda dan mereka menolak?. Sesungguhnya, itu bukan masalah Anda, coba sekarang fokus ke orang-orang yang menerima Anda.

Sesungguhnya, ketakutan tidak selalu bisa dinalar.Coba pikirkan, apa hal terburuk yang bisa terjadi ketika bertemu orang lain?.

Orang itu kemungkinan buang muka dan jalan menjauh dari Anda. Dunia tidak akan berakhir dan kemungkinan besar itu tidak akan terjadi.

Pada akhirnya, Anda tidak akan bisa cocok dengan semua orang. Bahkan orang-orang extrover punya orang-orang yang tidak menyukai mereka dan hubungan pertemanan yang sudah terputus.

Membangun jejaring, atau hubungan pada dasarnya seperti mencium kodok. Kebanyakan dari mereka tidak akan berubah menjadi pangeran.  (Indy/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.