Sukses

Pertamina Ditenggat Sudah Pegang Blok Mahakam dalam 2 Pekan

Kementerian ESDM mengumpulkan kontraktor yang saat ini menggeola Blok Mahakam.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan dalam dua pekan PT Pertamina (Persero) sudah mulai ikut menggarap Blok Mahakam di Kalimantan Timur.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku telah mengumpulkan kontraktor yang saat ini menggeola Blok Mahakam, yaitu PT Total E&P Indonesie dan Inpex, dan calon pengelola Blok Mahakam setelah masa kontrak kedua perusahaan tersebut habis pada 2017.

"Jadi secara resmi kita pertemukan Total, Inpex dan Pertamina," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Pertemuan tersebut membahas proses transisi Pertamina untuk mempersiapkan diri mengelola Blok Mahakam. Melalui pertemuan tersebut ditetapkan target kepada Pertamina ikut mengelola blok yang terletak di Kalimantan Timur tersebut.

"Harapan karena pemanasan sejak November dalam dua pekan sudah ada kesepakatan, akan kita endorse kita jadikan keputusan final, secepat mungkin Pertamina jadi bagian tim transisi," ungkapnya.

Menurut Sudirman, keterlibatan Pertamina dalam masa transisi diperlukan, untuk mempersiapkan diri setelah masa kontrak habis maka BUMN ini tidak perlu lagi melakukan penjajakan sehingga produksi gas blok tersebut tetap stabil.

"Prinsip 1 Januari 2018 Pertamina jadi operator, kedua harus ada transisi yang lancar untuk jaga kelangsungan Produksi, jangan ada penurunan produksi. Mulai 2018 Pertamian jadi operator harus siap procrutment, orang, eksplorasi, pengadaan barang jasa," pungkasnya. (Pew/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina