Sukses

Harga BBM Naik Lagi Awal April?

Aspek yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam menaikan harga BBM tersebut adalah aspek ekonomi dan beban masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih mengkaji untuk menaikkan kembali harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dan premium mulai awal April 2015.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, jika melihat patokan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yaitu minyak dunia dan kurs dolar, dalam bulan ini kedua parameter tersebut menujukan penguatan.

"Semua menyadari harga minyak bulan lalu trennya naik, walaupun minggu lalu turun sedikit atau netral. Kedua, rupiah kita dalam sebulan terakhir kena pelemahan," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Jika dilihat dari parameter tersebut, harga BBM seharusnya mengalami kenaikan. Namun, pemerintah masih melakukan kajian. Pasanya, pemerintah tidak hanya melihat aspek parameter, tetapi juga mempertimbangkan beberapa aspek.

"Jadi memang kalkulasi harga keekonomian memang naik. Harga BBM itu menjadi wewenang pemerintah memutuskan. Nah sedang dihitung terus dan pada waktunya diumumkan," jelasnya.

Sudirman mengungkapkan, aspek yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam menaikan harga BBM tersebut adalah aspek ekonomi dan beban masyarakat.

"Peninjauan itu tidak semata-mata harga pasar tetapi harus memperhatikan aspek sosial ekonomi, beban masyarakat,  pasti pada waktunya akan dijelaskan," pungkasnya.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.