Sukses

Ini Pemicu Harga BBM Naik Lagi

Harga BBM jenis solar dan premium naik Rp 500 per liter, yang mulai berlaku Sabtu (28/3/2015) pukul 00.00 wib.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk menaikan harga BBM jenis solar dan premium Rp 500 per liter, yang mulai berlaku Sabtu (28/3/2015) pukul 00.00 wib.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, kenaikan harga dilakukan karena meningkatnya rata-rata harga minyak dunia dan masih berfluktuasi serta melemahnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir.

"Maka Harga Jual Eceran BBM secara umum perlu dinaikkan," kata Wira, di Jakarta, Sabtu (28/3/2015).

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menambahakan, harga indeks pasar dunia untuk Solar, Premium dan nilai kurs dolar Amerika Serikat terhadap Rupiah mengalami peningkatan signifikan selama periode akhir Januari hingga akhir Maret 2015  sehingga akan memberikan pengaruh pada pergerakan harga BBM.
 
Berdasarkan data Pertamina, pada periode tersebut, harga indeks pasar dunia untuk gasoline atau premium telah meningkat sebesar 13 persen, sedangkan untuk gasoil atau solar pada periode yang sama meningkat 9 persen.

Peningkatan tersebut menjadi lebih besar dengan memperhatikan faktor nilai kurs dollar terhadap rupiah yang juga mengalami peningkatan sebesar sebesar 3,4 persen.
 
“Sehingga ketika dirupiahkan, Harga indeks pasar dunia untuk Premium dan Solar masing-masing telah meningkat sebesar 17 persen dan 13 persen. Kenaikan ini tentu saja akan berdampak terhadap harga kedua jenis BBM tersebut. Untuk itu, memang diperlukan penyesuaian harga Premium dan Solar yang berlaku saat ini,” pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini