Sukses

10 Hal yang Dilakukan Orang-orang Produktif Sebelum Tidur

Ritual sebelum tidur pun menjadi kunci keberhasilan orang-orang sukses dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Produktifitas bukan sekedar tentang apa yang Anda lakukan saat bekerja. Walau memiliki pekerjaan yang sama, Anda bisa jadi lebih produktif dibanding rekan kerja lain.

Ternyata, produktivitas ini dipengaruhi dari kebiasaan sehari-hari, termasuk sebelum pergi tidur. Untuk itu, coba evaluasi, apa saja kebiasaan yang Anda lakukan sebelum tidur yang dipikir kurang baik?.

Sebab, orang-orang produktif tidak melakukannya. Orang-orang sukses mengerti keberhasilan mereka berawal dan berakhir dengan mental dan fisik yang sehat, di mana hal ini dipengaruhi kebiasaan sehari-harinya.

Dilansir dari Lifehack.com, Senin (30/3/2015), berikut adalah kebiasaan-kebiasaan mereka yang super produktif:

1. Evaluasi hari

Mereka yang sukses, sebelum pergi tidur memikirkan apakah yang mereka lakukan hari itu memiliki arti. Pada akhir hari, mereka berpikir bagaimana memberi kontribusi positif pada dunia dan apakah hari itu mereka sudah melakukannya.

2. Tuliskan ganjalan pikiran

Orang-orang yang produktif menuliskan pemikiran, perasaan, dan emosinya. Mereka menganalisa apa yang benar dan salah. Ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan komunikasi.

Dengan menulis sebelum tidur, Anda bisa melatih pikiran, menjernihkan isi kepala, menghancurkan pembicaraan diri yang negatif dan mengetahui emosi yang paling dominan anda rasakan di hari-harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3-6

3. Membaca buku

Orang-orang sukses dunia gandrung membaca. Setiap harinya sebelum tidur mereka membaca setidaknya 10-20 menit. Mereka juga belajar dari apa yang orang lain bicarakan.

Bukan rahasia lagi bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, mereka mengembangkan pengetahuan dalam memimpin dan memotivasi tim mereka. Selain itu, membaca juga terbukti bermanfaat dalam kesehatan otak.

4. Atur prioritas untuk pagi hari

Banyaknya yang harus dilakukan dalam satu hari membuat kita mudah kehilangan fokus. Akan lebih mudah jika sebelum tidur, kita merencanakan apa yang ingin diselesaikan esok harinya. 

Orang-orang sukses menulis jadwal dan ini memudahkan mereka pergi kerja keesokkan harinya merasa punya persiapan lebih, merasa lebih percaya diri dan menghindar dari stres.

Mulai dari malam ini, tuliskan 3-5 hal yang Anda perlu lakukan esok hari. Ingatlah, setiap satu menit melakukan perencanaan, Anda mempersingkat waktu eksekusi sebanyak 10 menit.

5. Habiskan waktu dengan keluarga

Hidup ini ricuh, entah Anda karyawan atau entrepreneur, perlakukanlah keluarga sebagai prioritas. Makan malam bersama dan bercanda-gurau membuat Anda bisa membagi pengalaman dan cerita-cerita yang berkualitas.

6. Selesaikan pekerjaan

Orang-orang produktif menggunakan bakat, keterampilan, pengetahuan dan energi mereka secara maksimal. Mereka menyelesaikan apa yang harus diselesaikan.

Mereka berkomitmen akan menyelesaikan pekerjaan pada akhir hari. Seperti Presiden Obama yang saat bangun pagi di jam 7, sudah mengetahui akan mulai dari mana dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

3 dari 3 halaman

7-10

7. Lakukan detoks digital

Setiap malam sebelum tidur, letakkanlah handphone di ruangan lain -atau setidaknya yang jauh dari jangkauan jika Anda tinggal di tempat kos dan matikan televisi. Anda akan merasa energi bertambah. Selain itu, Anda bila melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti membaca.

8. Habiskan waktu dengan alam

Berjalan-jalan di tempat yang jauh darisuasana perkotaan akan membantu Anda menenangkan pikiran setelah bekerja seharian. Anda juga bisa merefleksikan hal-hal lain. Bagi yang menikmati kesunyian, sangat disarankan untuk mencobanya.

9. Mereka bermeditasi

Selama 10 menit sebelum tidur, lakukan meditasi dan biarkan pikiran mengalir secara alami. Keesikan harinya, Anda akan lebih berenergi, fokus dan produktif.

10. Visualisasikan masa depan

Banyak orang-orang sukses yang menggunakan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk memvisualisasikan hasil positif dari proyek yang sedang dikerjakan.

Seperti Oprah Winfrey yang melakukannya untuk mencari solusi untuk kesusahannya. Anda juga bisa melakukannya. Ini akan memotivasi Anda untuk merealisasikannya. (Indy/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.