Sukses

Global Earth Hour Turunkan Konsumsi Listrik Jakarta Tangerang

Kampanye hemat energi yang dilakukan dengan cara mematikan lampu satu jam dari pukul 20.30 sampai 21.30 tersebut sangat membantu PLN.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) memperkirakan konsumsi listrik wilayah Jakarta dan Tangerang bisa berkurang 20 persen dengan adanya kampanye Global Earth Hour (EH) yang berlangsung pada Sabtu (28/3/ 2015) ini.

Manajer Bidang Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Koesdianto mengatakan, kampanye hemat energi yang dilakukan dengan cara mematikan lampu satu jam dari pukul 20.30 sampai 21.30 tersebut sangat membantu PLN mengurangi beban listrik.

"Pemakaian dari berkurang, keuntungan secara bisa mengurangi sebagian benban," kata Koesdiono, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta.

Koesdiono mengungkapkan, beban listrik akan berkurang 20 persen atau 120 Mega Watt dalam waktu sejam. Dalam kondisi normal kebutuhan listrik Jakarta dan Tangerang pada pukul 20.30 sampai 21.30 WIB 600 MW, dengan begitu, kebutuhan listrik menurun menjadi 480 MW.

"Perkiraan kami 20 persen kira-kira kalau jam segitu 600 MW kurang 20 persen yang masih 480 MW," ungkapnya.

Namun menurut Koesdiono, perkiraan pengurangan konsumsi listrik tersebut harus didukung masyarakat untuk melakukan kampanye mematikan lampu tersebut.

Jika masyarakat sadar, maka angka penghematan bisa lebih besar dari perkiraan, namun jika masyarakat enggan berpatrisipasi  maka sangat kecil penghematannya.

" ita ingin inisiatif masyarakat, Kami akan hitung lagi, kalau masyarakat banyak yang mendukung penghematan bisa lebih besar," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini