Sukses

Dalam Lelang, Pecahan Receh Ini Terjual Rp 15,6 Miliar

Liputan6.com, New York -
Siapa sangka sebuah receh bisa bernilai hingga miliaran rupiah? Dalam sebuah lelang di Baltimore, Amerika Serikat, sebuah uang koin dihargai US$ 1,2 juta atau sekitar Rp 15,6 miliar (estimasi kurs Rp 13.000 per dolar AS).

Memang, uang koin tersebut bukan sembarangan receh. Uang tersebut merupakan pecahan uang pertama di Amerika Serikat. Usia dari pecahan 1 sen tersebut sudah mencapai 223 tahun.

Mengutip CNN Money, Minggu (29/3/2015), koin yang dikenal dengan sebutan Birch Cent tersebut dibuat pada 1972, beberapa bulan setelah denominasi satu sen pertama kali disahkan oleh Konggres AS.

Menurut keterangan dari rumah lelang Stack's Bowers Galleries, Thomas Jefferson dan George Washington merupakan dua tokoh yang mendesain uang tersebut. Dalam diskusi keduanya diputuskan bahwa gambar yang menghiasai koin tersebut adalah Lady Liberty.

Setelah kesepakatan tersebut, desain tersebut langsung diajukan ke konggres. Ternyata, konggres langsung setuju dengan desain yang dibuat oleh presiden pertama Amerika tersebut. Konggres pun kemudian mendaulatkan kepada George Washington untuk mencetak uang tersebut.

Dalam catatan, hanya ada 10 koin yang masih utuh di dunia saat ini. Tapi itu hanya sebatas pengetahuan para kolektor saja. Bisa saja, uang pecahan 1 sen pertama di Amerika tersebut dicetak lebih banyak dari jumlah tersebut.

Menurut Stack's Bowers Galleries, Stack Bowers, uang tersebut belum pernah dijual sejak 1959. Baru pada lelang yang diadakan pada Kamis 26 Maret 2015 lalu uang tersebut dilelang. Sayangnya, Bowers tak mau mengungkapkan siapa pemenang lelang tersebut.

Selain koin cetakan pertama itu, dalam lelang minggu lalu juga dijual koin lain terbitan tahun 1861. Koin tersebut dihargai US$ 646 ribu atau senilai Rp 8,4 miliar.(Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.