Sukses

Rilis Kinerja Emiten Bakal Topang IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak di kisaran 5.353-5.485 pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Penguatan indeks saham ini ditopang dari rilis laporan keuangan emiten.

Kepala Riset PT Sucorinvest Gani, Maxi Liestyaputra mengatakan, sentimen domestik akan mendominasi laju IHSG. Rilis laporan keuangan emiten yang keluar pada akhir bulan diharapkan dapat mengangkat IHSG. Selain itu, pelaku pasar juga menunggu rilis data ekonomi terutama inflasi pada awal April 2015.

"IHSG akan bergerak di kisaran 5.400-5.500 pada Selasa pekan ini," ujar Maxi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (31/3/2015).

Sementara itu, Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya mengatakan, IHSG menunjukkan kekuatan naik yang masih cukup besar. Lantaran IHSG dapat menembus level resistance terdekat 5.444 walau belum berhasil menutup perdagangan di atas level itu.

"Potensi menembus level resistance 5.485 masih terbuka cukup lebar selama support 5.353 dapat dipertahankan. Hari ini IHSG masih memiliki potensi melanjutkan penguatan menyambut rilis data ekonomi awal bulan," kata William.

Dalam riset PT Sinarmas Sekuritas menyebutkan sejumlah sentimen yang pengaruhi IHSG. Sentimen itu antara lain Amerika Serikat (AS) akan merilis data pending home sales yang diperkirakan ke level 0,4 persen MoM dari sebelumnya 1,7 persen. Sedangkan Eropa akan merilis data unemployment rate yang diperkirakan ke level 11,2 persen dari sebelumnya 11,1 persen.

Untuk rekomendasi saham, Maxi memilih saham yang dapat dicermati pelaku pasar yaitu saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT PP Tbk (PTPP), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), dan PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

Sedangkan William menuturkan, saham-saham yang dapat jadi pertimbangan pelaku pasar yaitu saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Astra International Tbk (ASII), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) pada perdagangan saham Selasa pekan ini. (Ahm/)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.