Sukses

Dari Hobi, Pria Ini sukses Jualan Tas Kamera di Bukalapak

Berawal dari kecintaannya pada fotografi, kini anak muda asal Probolinggo ini menikmati sukses sebagai salah satu pedagang besar tas kamera.

Liputan6.com, Jakarta -

Hobi tak hanya bisa menyenangkan diri sendiri. Namun ini juga bisa menjadi sumber kesuksesan. Apalagi bila kemudian seseorang itu bisa fokus dengan hobinya tersebut.

Ini yang dialami sukses ini tampaknya sangat melekat pada diri Ihsanudin Fanani. Berawal dari kecintaannya pada fotografi, kini anak muda asal Probolinggo yang sekarang tinggal di Malang ini menikmati sukses sebagai salah satu pedagang besar tas kamera di  Bukalapak.com dengan omzet sekitar Rp 150 juta- Rp 200 juta per bulan.

“Kesuksesan yang saya raih saat ini, semua karena terinspirasi dari hobi saya di dunia fotografi. Waktu itu, saya kesulitan mencari tas kamera produksi lokal yang berkualitas. Yang ada, hanya tas kamera impor dengan harga yang mahal. Kesulitan ini ternyata membawa berkah membuka peluang bisnis yang menggiurkan,” jelas dia, Selasa (31/3/2015).

Saat itu, sekitar tahun 2011, pria jebolan Universitas Kanjuruhan Malang ini mencoba memproduksi sendiri tas kamera berkualitas melalui saudaranya yang kebetulan menggeluti usaha konveksi di bidang tas pada umumnya, seperti tas sekolah, tas pinggang, tas punggung dan lainnya.

“Dari satu tas kamera hasil produksi sendiri, ternyata teman-teman fotografer banyak yang tertarik. Selain berkualitas, harganya juga terjangkau. Pesanan pun mulai berdatangan,” ujarnya bercerita.

Nah, ketika mulai kebanjiran pesanan, banyak temannya menyarankan untuk mulai menjual secara online. Laki-laki kelahiran 11 April 1991 ini pun mencoba menjual tas kameranya melalui media sosial seperti facebook, blog atau media online lainnya. Respon pasar ternyata sangat positif.

Hingga akhirnya, ada seorang teman yang memperkenalkan dengan situs Bukalapak.com, online marketplace yang mewadahi para pelapak dengan berbagai produk yang dijualnya.

Setelah mempelajari secara detil situs tersebut, Ihsanudin pun mulai berjualan di Bukalapak.com pada 25 Desember 2012 dengan nama lapaknya "Tas Kamera Bagus".

“Saya tertarik berjualan di Bukalapak.com karena ada jaminan keamanan setiap transaksi, terutama dalam hal pembayaran dimana situs ini menjadi mediator antara penjual dan pembeli. Sistem ini membuat penjual dan pembeli terhindar dari transaksi jual-beli palsu,” ujarnya.

Dengan moto ‘Best Quality, Best Price & Best Service’, Ihsanudin pun fokus menjual tas kamera produk lokal dengan kualitas yang mirip dengan merek aslinya. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 90 ribu hingga Rp 250 ribu.

“Menekuni bisnis ini selama empat tahun, alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Rata-rata penghasilan saya sebesar Rp 40-50 juta per bulan,” ujarnya.

Banyak pembeli dan calon pembeli mengenal produk tas kamera yang dijualnya melalui Bukalapak.com. Hingga Maret tahun ini, reputasi account-nya mencapai 298 feedback.

Kondisi ini yang mendorong Ihsanudin membuka gudang yang semata-mata ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para pembeli dan tentu saja kepuasan pembeli menjadi prioritasnya.

Dia mengklaim semakin peduli pada produksi untuk menjaga kualitas hasil produksinya, karena itu dia mempekerjakan sekitar 20 orang di gudangnya. Mulai dari bagian memotong, membuat pola dan desain hingga menjahit.

“Bagi saya, pelanggan adalah raja. Alasan itu pula, yang membuat saya menjual aksesoris pendukung para penghobi fotografi. Mulai dari jaket, t-shirt hingga strap kamera dan cleaning kitt. Total kini ada lebih dari 100 item produk yang saya jual,” ujarnya.

Dengan berbagai capain yang diperolehnya, tak lantas membuat Ihsanudin berpuas diri. Banyak keinginan yang ingin diwujudkan tahun ini. Mulai dari memasarkan dan mematenkan merek ‘Eleven’ buat tas kamera hasil produksinya yang mulai diperkenalkan sejak pertengahan 2014.

Dia juga ingin membuat tas kameranya full color, keluar dari pakem selama ini yang selalu didominasi warna hitam, abu-abu dan coklat.

Founder sekaligus CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky salut dan sangat mengapresiasi kerja keras Ihsanudin Fanani membangun bisnis onlinenya di Bukalapak.com.

Dengan usianya yang masih 24 tahun, Ihsanudin adalah salah satu contoh usahawan muda yang telah sukses, sehingga bisa menjadi role model bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis online.(Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini