Sukses

Harga Emas Dunia Lebih Murah Tertekan Penguatan Dolar AS

Harga emas telah jatuh 3 persen sejak menyentuh posisi di atas $ 1.200 per ounce selama 3 minggu pada pekan lalu.

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia lebih murah, tertekan penguatan dolar AS dan penurunan harga minyak mentah, di tengah harapan Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini yang mampu mendorong harga emas menuju penurunan.

Harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi US$ 1.185,70 per ounce, sementara emas untuk pengiriman April menetap susut US$ 1,70 menjadi US$ 1,184.80 per ounce.

Harga emas telah jatuh 3 persen sejak menyentuh posisi di atas $ 1.200 per ounce selama 3 minggu, pekan lalu setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen, mengisyaratkan kenaikan suku bunga kemungkinan bisa berlangsung akhir tahun ini, melansir laman Reuters.

Pernyataan Yellen tentang kenaikan berkelanjutan dalam perekonomian AS menghentikan rally harga emas selama tujuh hari, ini kenaikan terpanjang beruntun sejak 2012. Kenaikan telah didorong harapan The Fed akan mengambil langkah lambat terkait kenaikan suku bunga AS.

"Yellen telah berhasil melakukan tindakan penyeimbangan pada akhir pertemuan Fed terakhir, di satu sisi menghapus bahasa kesabaran, di sisi lain memberi kesan bahwa harga akan naik pada kecepatan yang lebih tenang dari pasar awalnya diharapkan," ujar Analis Natixis, Nic Brown.

Harga emas telah kehilangan 2,5 persen sejauh Maret, penurunan bulanan kedua. Harga logam ini berada di posisi menyusut 0,06 persen sedikit secara kuartalan, penurunan kuartalan yang ketiga.

"Itu berjuang headwinds sepanjang hari," kata James Steel, analis logam utama untuk HSBC Securities di New York, mencatat tekanan dari dolar yang kuat dan penurunan harga minyak.

Penguatan dolar yang berada di jalur untuk kuartal terkuat sejak 2008, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya dan biasanya mengikis daya tariknya. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini