Sukses

Pemerintah Salurkan Dana PSKS Rp 600 Ribu Mulai 1 April 2015

Menteri Sosial, Khofifah Parawansa menuturkan, setiap warga mendapatkan bantuan sekitar Rp 600 ribu untuk PSKS.

Liputan6.com, Serang - Kementerian Sosial meluncurkan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kantor Pos Serang, Banten. PT Pos Indonesia pun telah ditunjuk untuk mendukung program tersebut.

"Ini hari pertama serentak di ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Masing-masing warga, mendapatkan bantuan Rp 600 ribu yang bisa dicairkan kapan saja," kata Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansah, di Kantor Pos Serang, Rabu (1/4/2015).

Khofifah mengatakan, jika Rumah Tangga Sasaran (RTS) belum ingin mengambilnya, maka dana akan tersimpan di Kantor Pos yang sudah ditunjuk menjadi penyalur dana tersebut.

"Kalau belum perlu, boleh disimpan di Kantor Pos, bisa digunakan untuk sekolah. Bisa juga digunakan untuk (modal) berdagang," kata Khofifah.

Untuk menyalurkan bantuan itu, PT Pos Indonesia akan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan dana dari Kementerian Sosial. Kantor pos yang telah ditunjuk akan menjadi penyalur bantuan PSKS.

RTS di Kota Serang yang berhak mendapatkan bantuan dana PSKS berjumlah 17 ribu orang, sedangkan di Kabupaten Serang sendiri berjumlah 49 ribu orang. Penyaluran di Kota Serang sendiri dimulai pada 1 April, dan berakhir pada 7 April. Sedangkan di Kabupaten Serang sendiri akan selesai pada 11 Mei mendatang.

"Kantor Pos akan siap membantu program bantuan untuk warga. Ada 26 titik pelayanan yang siap melakukan pembayaran PSKS," kata Direktur Ritel Pos Indonesia, Ngurah Putu Sugiyarta Yasa. (Yandhi D/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.