Sukses


Perusahaan Agen Properti AS Tawarkan Model Bisnis Menggoda

Saat ini Keller Williams Realty Indonesia memiliki kantor di Casablanca dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Melihat potensi pasar properti Tanah Air, perusahaan agen properti asal Amerika Serikat, Keller Williams Realty hadir di Indonesia pada Desember 2012 dengan nama Keller Williams Realty Indonesia (KWRI). Kendati demikian, KWRI baru beroperasi secara penuh pada pertengahan 2013.

Tony Eddy, President KWRI menuturkan, pihaknya menawarkan konsep bisnis yang berbeda dengan konsep bisnis broker tradisional.

"Model tradisional yang pernah ada dalam real estate industry menciptakan hubungan yang bersifat dependent antara para agen properti dan perusahaan di mana mereka bekerja. Model ini membuat para agen bergantung sepenuhnya kepada perusahaan dan mempunyai kesempatan kecil untuk meraih prestasi yang maksimal," jelas Tony seperti dikutip dari laman www.rumah.com, Rabu (1/4/2015).

Sementara itu, model yang ditawarkan KWRI, Tony mengatakan, adalah model yang menciptakan hubungan antara para agen dan perusahaan menjadi independent (terlepas sama sekali). Model ini biasa disebut dengan 100% Companies.

Model ini menarik bagi para top agen karena komisi akan dinikmati oleh para agen 100%. Para agen harus membayar sewa ‘meja’ atau tempat kerja kepada perusahan real estate agent.

"Model ini memang menggiurkan bagi para top agen namun harus diingat bahwa model ini membuat perusahaan tidak akan memberikan support kepada para agen. Akibatnya para agent harus bertanggung jawab untuk segala resiko yang berkaitan dengan keuangan, legal maupun management lainnya. Relasi yang tercipta antara para agent dan perusahaannya adalah relasi antara tenant dengan landlord-nya," tutur Tony.

"Model inilah yang membuat Keller Williams mampu bertahan dan menjadi Real Estate Company Nomor satu di Amerika bahkan di dunia secara total agen yang di miliki. Karena dengan model ini para agen tidak lagi tergiur untuk ‘bedol desa’ sebaliknya mereka tetap akan berkarier dalam Keller Williams Realty," jelas Tony.

Saat ini, imbuh Tony, KWRI memiliki dua kantor, yaitu Keller Williams Casablanca, Jakarta dan Keller Wiliams Bali.

"Masih ada enam kantor lagi yang dalam waktu dekat ini akan beroperasi secara penuh di berbagai kota besar di Indonesia, antara lain di Solo dan Yogyakarta. Di tahun 2015 kami menargetkan dapat membuka 15 kantor lagi di Indonesia," pungkas Tony. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini