Sukses

Top 5 Bisnis: Harga Tiket Kereta Api Naik per 1 April

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2015 mulai 1 April 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2015 mulai 1 April 2015. Seiring mulai efektifnya GAPEKA 2015 tersebut maka jadwal perjalanan kereta api dan tarif KA dan KRL juga mengalami perubahan.

Untuk jenis KRL, per hari ini tarif yang dikenakan tidak lagi berdasarkan jumlah stasiun yang dilewati melainkan dari jarak tempuh yang dilalui para penumpang.

Tidak hanya itu, dari segi pengoperasian, PT KAI Commuter Jabodetabek juga akan menambah perjalanan KRL dengan penambahan beberapa rangkaian kereta baru.

Informasi mengenai kenaikan harga tiket kereta api juga menarik perhatian pembaca. Tak hanya itu, berita soal ramalan harga bahan bakar minyak (BBM) bakal naik lagi serta harga tiket kereta api super cepat Jakarta-Bandung juga menjadi sorotan masyarakat.

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, Kamis (2/4/2015):

1. Mulai 1 April Ini, KAI Terapkan Tarif Kereta Api Baru

PT KAI  mulai menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2015 yang mengubah jadwal perjalanan kereta api serta tarif KA dan KRL.

‎Dalam perjalanannya para pengguna KRL akan dikenakan tarif antara 1-25 kilometer (km) sebesar Rp 2.000 dan akan bertambah Rp 1.000 tiap kelipatan 10 km.

Sementara untuk kereta jarak jauh, KAI juga telah menerapkan tarif baru dan jadwal keberangkatan baru. Kenaikan tarif tersebut bervariasi antara 30 persen hingga 60 persen.

2. Harga BBM Bakal Naik Lagi?

Direktur Eksekutif Refor-Miner Institute, Komaidi Notonegoro memprediksi harga BBM bakal terus naik sejalan dengan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan rebound harga minyak di pasar internasional.

Dari kedua faktor tersebut, lanjut dia, pelemahan rupiah yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga BBM di dalam negeri.

3. Trik Agar Lamaran Kerja Anda Tak Ditolak Mentah-mentah


Anda yang berniat melamar pekerjaan, coba pikirkan dulu. Padatnya jadwal kantor dan lamaran yang datang setiap harinya membuat mereka yang bekerja sebagai HRD tidak bisa berlama-lama dalam menilai satu CV.

Dalam satu survei yang dilakukan oleh Society for Human Resource Management, tim HRD rata-rata hanya punya waktu lima menit dalam menilai apakah seorang pelamar bisa lolos ke babak selanjutnya.

4. Berapa Harga Tiket Kereta Super Cepat Jakarta-Bandung?

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, harga tiket untuk kereta api cepat tersebut diperkirakan mencapai US$ 200 atau setara dengan Rp 2,6 juta (kurs: Rp 13 ribu per dolar AS).

"Katanya biayanya nanti kalau mau naik harus bayar US$ 200. Memang mahal, itu bukan suatu murah," ujarnya dalam diskusi bertemakan 'Assessing President Joko Widodo's Visits to Japan and China' di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

5. Mau Tahu Gaya Rapat Jokowi? Ini Curhatan Luhut

Sejak tampuk kepemimpinan Indonesia dipegang Presiden Joko Widodo (Jokowi), agenda para menteri di Kabinet Kerja selalu dipenuhi dengan rapat setiap harinya.
 
Entah itu berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta atau harus menuju Istana Bogor. Bahkan Kementerian/Lembaga rutin menggelar rapat koordinasi membahas suatu permasalahan dan solusinya.
 (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.