Sukses

8 Jurus Atur Uang Agar Tak Terjerat Utang

Hati-hati! Jika tidak bisa mengatur keuangan, Anda malah bisa terjerat utang.

Liputan6.com, Los Angeles - Carl Richards merupakan ahli dalam menangani kesalahan keuangan. Hal itu bukan hanya karena pekerjaannya sebagai perencana finansial, namun juga dari pengalaman pribadinya. 

Salah satu kesalahan yang pernah dilakukan Richards yaitu saat dirinya pindah ke kota baru dan membeli rumah seharga US$ 575 ribu yang melampaui budget yang disiapkannnya yaitu US$ 350 ribu. Akibatnya ia terlilit hutang. Itu hanya satu dari sejumlah kesalahan yang dilakukannya.

Belajar dari kesalahan tersebut, Richard mengerti pentingnya membuat rencana dan konsisten menjalankan rencana itu. Dilansir dari laman Forbes,  Jumat (4/3/2015), inilah 8alasan mengapa rencana finansial penting untuk semua orang:

1. Tanyakan diri sendiri, mengapa uang itu penting?

Apa target utama dalam hidup Anda? Gunakan ini sebagai panduan setiap Anda akan membuat rencana keuangan.

2. Tebak ke mana Anda ingin pergi

Richard memilih kata 'tebak' karena sesungguhnya orang-orang tidak tahu apa yang akan terjadi, terutama pada 20-30 tahun ke depan. Buatlah proyeksi, namun jangan khawatir tentang ada di jalan yang 'benar'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ketahui titik awal Anda

Ketahui jumlah kekayaan Anda, berapa yang Anda miliki di aset, dan apa kewajiban Anda. Banyak orang yang menghindari langkah ini karena malu pada masa lalu mereka, padahal, ini berguna untuk menghindari utang.

4. Budgeting merupakan alat kepedulian

Orang-orang kerap mengeluarkan uang untuk alasan emosional dan mencari-cari alasan. Padahal, budgeting bisa menolong kebiasaan buruk Anda dalam mengatur pengeluaran.

5. Menabung sebanyak yang Anda bisa

Suatu kali, Richard bertanya pada rekan kerjanya mengenai berapa banyak yang dia menabung untuk pendidikan kulian anaknya. Rekannya menjawab, "Carl, saya menabung sebanyak yang saya bisa."

Richards merasa saran ini lebih berguna dibanding keharusan menabung sekian persen dari pendapatan. Baginya, pada akhirnya, untuk mendukung Anda menabung, Anda harus punya kesadaran nilai Anda sendiri dan kepedulian.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Beli asuransi sekarang juga

Ada dua jenis orang yang membuat kesalahan dalam membeli asuransi, mereka yang menunda membeli asuransi karena merasa sehat-sehat saja, dan mereka yang membeli asuransi didorong rasa ketakutan.

Kenyataannya, asuransi berguna untuk mengganti kehilangan secara ekonomi, bukan secara emosional. Walau kedengarannya dingin, cara memandang seperti inilah yang paling bijak dalam membeli asuransi.

7. Ingatlah bahwa bayar utang bisa menjadi investasi hebat

Salah satu teman Richards waktu kuliah membeli tenda menggunakan kartu kredit. Richards memperkirakan, bunganya bisa membengkak dalam 10 tahun dengan harga setara uang muka rumah dan menjadi tenda paling mahal sepanjang sejarah.

Makanya, hati-hati dalam menggunakan kartu kredit, uang sebanyak itu lebih baik digunakan untuk investasi.

8. Berinvestasilah seperti ilmuwan

Formula dasar untuk investasi yang sukses adalah dengan mendiversifikasi portfolio. Jangan hanya mengoleksi emas, tapi cobalah membeli saham, reksadana atau tanah buat jangka panjang. (Indy/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.