Sukses

Jokowi Ingin 3 Provinsi Ini Dihubungkan MRT dan LRT

Presiden Joko Widodo ingin mempercepat pembangunan sarana transportasi baru seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo ingin mempercepat pembangunan sarana transportasi baru seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Hal itu dikarenakan dengan adanya dua moda transportasi tersebut akan sangat signifikan untuk mengurangi kemacetan DKI Jakarta.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta MRT dan LRT‎ dapat menghubungkan tiga provinsi yang berada di sebelah barat Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menyebutkan pembangunan LRT dan MRT akan membentang dari Cikarang (Bekasi, Jawa Barat) sampai ke Balaraja (Tangerang, Banten). Dengan demikian, transportasi massal itu akan melewati Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

"Presiden memerintahkan yang penting ada dulu nih barang, jangan hitung-hitung bisnis, kareba satu tahun kerugian macet sudah Rp 45 triliun, sementara biaya pembangunan LRT keseluruhan cuma Rp 40 triliun. Makanya kita ingin kita yang bangun, sudah bangun dulu, nanti baru ditenderkan kepada swasta untuk mengoperasikan saja," kata Ahok seperti ditulis Kamis (2/4/2015).

Ahok menjelaskan, dalam rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi telah mempertimbangkan kemampuan keuangan Jabar dan Banten, di mana mereka punya kepentingan lebih banyak.

“Ya sudah nanti kalau timur-barat sampai utang lagi, yang nanggung cukup pusat dan DKI Jakarta seperti yang selatan-utara. Biar cepat. Presiden sudah perintahkan, tahun ini harus sudah jalan, harus sudah mulai konstruksinya,” papar Ahok.

Mengenai masalah lahan, Ahok menyebut itu soal gampang karena pembangunan LRT dan MRT akan melewati jalur hijau, ke median jalan, sungai-sungai, median, maupun tol.

“Jadi ini lebih gampang dan lebih ringan, lebih kecil,” ujarnya.‎ (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi