Sukses

Begini Cara Tak Biasa Hemat Uang

Salah satu cara menjaga pengeluaran dengan menggunakan lima kata ini.

Liputan6.com, Jakarta - Cara menjaga pengeluaran dengan sejumlah langkah biasa seperti berhemat, mengurangi traktir teman mungkin sudah biasa dilakukan.

Akan tetapi, apakah Anda pernah mencoba cara out of the box untuk menghemat anggaran? Anda bisa mengikuti sejumlah langkah berikut untuk menjaga pengeluaran, seperti dikutip dari laman wisebread, Minggu (5/4/2015).

1. Hidup dengan Lima Kata Ini

Salah satu langkah sederhana menyimpan uang cukup sederhana yaitu mengurangi pengeluaran. Akan tetapi mengatakan lebih mudah ketimbang pelaksanaannya. Untuk mencapai tujuan Anda menjaga pengeluaran setiap minggu,  Anda bisa menghindari jebakan konsumsi dengan membawa catatan yang dibutuhkan.

Cara menjaga pengeluaran dengan menggunakan lima kata ini: apakah saya membutuhkan barang ini kemarin? Meski barang kecil akan tetapi dapat juga menghabiskan dana.

Jadi sebelum membeli sesuatu yang di luar kebiasaan atau sesuatu yang tidak penting, maka Anda bisa menanyakan ini kepada diri sendiri, apakah Anda membutuhkan barang ini kemarin?

2. Mencoba Sebuah Tantangan

Kadang tips menyimpan uang bisa membosankan. Mengapa tidak mencoba sesuatu yang dapat membangkitkan semangat dengan sebuah tantangan yang menyenangkan?

Salah satu yang dilakukan dengan membuat tantangan bersama keluarga Anda dengan mencoba tidak menghabiskan dana dalam 30 hari.

3. Makan Malam di Rumah

Salah satu menghemat uang bisa dengan makan malam di rumah. Kadang kita tergoda menghabiskan uang untuk makan malam di luar bersama teman-teman. Kenapa tidak makan malam di rumah sehingga juga dapat menghemat uang. Tak hanya hemat tetapi juga lebih sehat.

4. Menggunakan Bahan Alami untuk Produk Kecantikan

Kadang bahan-bahan alami di sekitar kita dapat digunakan untuk produk kecantikan. Bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, sari lidah buaya dapat digunakan untuk kecantikan. Dengan menggunakan bahan alami itu juga bisa menghemat anggaran untuk produk kecantikan Anda.

5. Menghabiskan Dana untuk Liburan Hemat

Anda bisa menghabiskan uang untuk liburan secara reguler tanpa harus menghamburkan uang. Anda bersama keluarga bisa mengunjungi museum, bermain ke taman dan mengunjungi kegiatan menarik lain yang sedang digelar di kota Anda.

6. Memanfaatkan Diskon Jasa

Salah satu cara mengirit uang setiap bulan dengan meminta diskon atau menghasilkan negosiasi terbaik dari biasa Anda berlangganan mulai dari tv kabel, air, dan lainnya.

7. Menyewakan Kamar di Rumah

Bila Anda memiliki kamar yang banyak di rumah, atau memiliki rumah lebih dari satu maka menyewakannya dapat menjadi pilihan untuk menghasilkan uang. Tak hanya itu, bila Anda memiliki sisa kamar kosong maka Anda dapat menyewakannya kepada orang tepat. Ini jadi cara untuk mengurangi biaya sewa. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.