Sukses

Ini yang Bikin Kantor Obama Sempat Gelap Gulita

Pemadaman listrik juga bisa terjadi di kantor salah satu orang paling berpengaruh di dunia, Presiden Amerika serikat Barack Obama

Liputan6.com, Washington - Pemadaman listrik seringkali mengundang banyak keluhan hingga kecaman dari berbagai kalangan masyarakat. Bayangkan jika listrik justru padam di kantor salah satu orang paling berpengaruh di dunia, Presiden Amerika serikat Barack Obama dan itu memang benar terjadi.

Mengutip laman Reuters, Rabu (8/4/2015), penyebabnya ternyata sederhana saja, terjadi kerusakan sambungan kabel di sebuah gardu listrik dekat Washington pada Selasa waktu setempat. Kerusakan itu sempat membuat Gedung Putih yang menjadi kantor Obama gelap gulita.

Kantor-kantor di Gedung Putih dan ruang media sempat gelap seketika sebelum akhirnya listrik cadangan menerangi seluruh bagian gedung. Saat itu terjadi Obama tengah berada di Oval Office dan tidak menyadari adanya pemadaman listri.

"Berbagai hal secara perlahan tapi pasti kembali normal di kompleks Gedung Putih," terang Juru Bicara Obama, Josh Earnest.

Gangguan kabel itu juga memutus sambungan listrik ke gedung-gedung pemerintahan dan Capitol AS selama berjam-jam.

Departemen Kehakiman dan Departemen Luar Negeri juga menjadi dua di antara ribuan pelanggan yang mengalami pemadaman listrik kemarin. University of Maryland dan beberapa kantor Bank Dunia juga harus mengalami pemadaman listrik.

Pemadaman itu disebabkan oleh kerusakan kabel listrik di Marylandm Washington.

"Hal itu menyebabkan penurunan tegangan" kata salah seorang pejabat perusahaan listrik yang enggan menyebutkan namanya.

Saat pemadaman terjadi, sempat ada kekhawatiran bahwa kelompok militan yang melakukannya. Namun Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan tidak ada indikasi aktivitas berbahaya. Pemadaman itu berpusat di jantung Washington sebelum akhirnya sebagian besar listrik dapat mengalir beberapa jam kemudian. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.